Backstreet Boys atau disingkat BSB adalah salah satu grup vokal yang berasal dari Orlando, Florida, Amerika Serikat. BSB terbentuk pada 20 April 1993. Pada mulanya, grup ini beranggotakan Nick Carter, Howie Dorough, Brian Littrell, A.J. McLean, dan Kevin Richardson. Namun, pada tahun 2006 salah satu personelnya, Kevin Richardson memutuskan untuk keluar dari grup agar dapat meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarganya. Meskipun demikian, hubungannya dengan para personel lain masih terjaga dengan baik.

Ditinggalkan salah satu personelnya tak membuat Backstreet Boys bubar. Dengan formasi baru yang beranggotakan empat orang, Backstreet Boys memutuskan untuk tetap berkarir di dunia musik dan pada akhirnya Kevin Richardson bergabung kembali pada tahun 2012.

Backstreet Boys berasal dari Orlando, Florida. Pada awalnya grup ini merupakan trio beranggotakan Howie Dorough (19), AJ McLean (15), dan Nick Carter (13). Sementara itu, Kevin Richardson (20) yang bekerja di Walt Disney World sebagai tour guide dan karakter berkostum seperti Aladdin dan Ninja Turtle) bertemu dengan Howie, AJ, dan Nick melalui seorang rekan kerja. Mereka merasa saling cocok satu sama lain dan Kevin kemudian resmi bergabung.

Mereka kemudian menemukan iklan yang dipasang Lou Pearlman di surat kabar Orlando Sentinel yang mencari 5 anak muda untuk diorbitkan sebagai grup vokal dan mendaftar. Mereka diterima, namun Lou ingin menambah satu anggota lagi supaya bulat dan sepupu Kevin yaitu Brian Littrell (18) pun kemudian bergabung setelah ia ikut audisi melalui telepon. Pada tanggal 20 April 1993 Brian terbang dari kota asalnya di Kentucky ke Orlando dan ia pun resmi bergabung dengan Backstreet Boys.

Single pertama mereka yaitu “We’ve Got It Goin’ On” dirilis pada tahun 1995 dan mereka langsung sukses di Eropa dan Asia. Tahun itu juga mereka memulai tur pertama mereka di Eropa dan Asia. Namun, kesuksesan di negara asal mereka sendiri yaitu Amerika Serikat tidak datang sampai single keempat mereka yaitu “Quit Playin’ Games (With My Heart)” dirilis pada tahun 1997. Album debut mereka yang dirilis pada tahun 1996 terjual hingga 28 juta keping di seluruh dunia. Album kedua mereka, Backstreet’s Back dirilis di seluruh dunia kecuali di Amerika Serikat pada tahun 1997 dan terjual hingga lebih dari 12 juta keping.

Pada tanggal 7 Oktober 1998, mereka mendapat penghargaan dari walikota Orlando karena keberhasilan mereka mengumpulkan uang untuk korban tornado melalui konser mereka yang mencapai US $250,000. Hari itu juga dideklarasikan sebagai Backstreet Boys Day di Orlando.

Pada 12 April 1999, mereka merilis single mereka I Want It That Way” yang sukses besar diseluruh dunia. Lagu ini berhasil mencapai posisi puncak pada banyak tangga lagu di negara-negara, termasuk diantaranya Inggris, Jerman, Swiss, Austria, Norwegia, New Zealand, dan Asia. Album ketiga mereka, Millennium, yang dirilis pada bulan Mei 1999 merupakan album tersukses mereka dengan jumlah penjualan mencapai 40 juta keping, 12 juta diantaranya terjual di Amerika Serikat.

Anggota-anggota Backstreet Boys pergi ke sebuah pulau di Bahama untuk menulis lagu dan merekam album mereka selanjutnya, Black & Blue. Mereka pergi ke pulau itu untuk memfokuskan diri dan menjauh dari segala gangguan dari luar, termasuk dari keluarga, pacar, dan tunangan. Hasilnya, album Black & Blue yang dirilis pada tahun 2000 memegang rekor dunia dengan penjualan terbanyak dalam satu minggu pertama sepanjang masa yaitu 5 juta keping, dan total penjualan yang mencapai 24 juta kopi. Hal ini juga membuat mereka musisi pertama sepanjang sejarah yang mempunyai dua album berturut-turut terjual lebih dari satu juta keping dalam minggu pertama.

Pada tahun 2000 juga mereka membuat tur keliling dunia dalam 100 jam bertajuk “Around the World in 100 Hours”. 55 jam mereka habiskan di pesawat dan 45 jam mereka gunakan untuk tampil di satu negara di setiap benua yaitu Stockholm, Swedia di Eropa, Tokyo, Jepang di Asia, Sydney, di Australia, Cape Town, Afrika Selatan di Afrika, Rio de Janiero, Brazil di Amerika Selatan, dan New York, Amerika Serikat di Amerika Utara.

Album kompilasi pertama mereka, The Hits: Chapter One dirilis pada Oktober 2001 dengan sebuah lagu baru yang dijadikan single yaitu “Drowning”. Setelah album ini dirilis mereka memutuskan untuk vakum sementara Nick Carter menggarap album solo pertamanya.

Pada Desember 2003, AJ McLean tampil di acara The Oprah Winfrey Show untuk berbicara tentang keberhasilannya mengatasi kecenderungan alkoholiknya, dan keempat anggota Backstreet Boys lainnya membuat kejutan untuknya dengan datang untuk memberikan support mereka. Setelah tampil di acara ini, mereka memutuskan untuk memulai aktif kembali dan pada Januari 2004 mereka kembali masuk studio untuk menggarap album baru mereka.

Single pertama mereka dalam empat tahun, “Incomplete”, dirilis pada 28 Maret 2005, dan berhasil meraih sukses terutama di Asia, Australia, dan Eropa. Album mereka yang berjudul Never Gone dirilis pada tahun 2005. Album ini cukup sukses dengan total penjualan mencapai 5 juta keping dan meraih posisi puncak di Bangladesh, Pakistan, Germany, India, Chile, Brazil dan Korea Selatan. Album ini juga merupakan album dari musisi barat terbesar kedua di Jepang untuk tahun 2005. Berbeda dari album-album mereka sebelumnya, album ini juga dirilis dalam format 5.1 Surround Sound di Amerika Serikat.

Kevin Richardson memutuskan untuk keluar dari grup secara baik-baik pada tanggal 23 Juni 2006, beberapa bulan setelah tur dunia Never Gone selesai karena ingin fokus pada keluarga dan minat lainnya. Keempat anggota lainnya memutuskan untuk lanjut dengan formasi berempat.

Album keenam mereka, Unbreakable dirilis pada 30 Oktober 2007. Ini merupakan album pertama mereka tanpa Kevin. Meskipun album ini mendapat respon yang baik, jumlah penjualannya tidak sebanyak album sebelumnya Never Gone. Namun, album ini sukses di Jepang, dan berhasil mencapai posisi puncak. Tur dunia mereka pun dimulai di Jepang, pada tanggal 16 Februari 2008.

Pada tahun 2009 mereka mulai membuat album baru, yang dirilis pada 6 Oktober 2009 berjudul This Is Us. Di album ini, mereka bekerja dengan Max Martin, Ryan Tedder dari OneRepublic, RedOne, Ne-Yo, Brian Kennedy, Alex James, Pitbull, Claude Kelly, Jim Jonsin, Eddie Galan, T-Pain, Rami Yacoub, Kristian Lundin dan lainnya. Pada 30 Oktober 2009, mereka memulai tur dunia This Is Us, yang selesai pada 26 Maret 2011 di Hanoi.

Pada bulan November 2010, Backstreet Boys tampil di penutupan acara American Music Awards bersama New Kids on the Block, dan pada bulan November mereka mengumumkan bahwa mereka akan melakukan tur bersama pada tahun 2011 dibawah nama NKOTBSB. Sebelum tur dimulai mereka juga merilis album kompilasi bersama, yang juga berjudul NKOTBSB. Album ini juga mempunyai 2 lagu baru yang dinyanyikan bersama oleh kedua grup yaitu “Don’t Turn Out the Lights” dan “All in My Head”.

Tur dunia NKOTBSB dimulai pada bulan Mei 2011 di Amerika Serikat, dan selesai pada bulan Juni 2012, di Filipina. Selama tur ini mereka hanya mengunjungi dua negara di Asia, yaitu Indonesia dan Filipina, selebihnya mereka mengunjungi Eropa dan Australia.

Pada 29 April 2012, pada sebuah konser NKOTBSB di London, Backstreet Boys mengumumkan bahwa Kevin Richardson telah bergabung kembali dan mereka akan mulai membuat album baru pada bulan Juli 2012 di London.

(Wikipedia.org)