Andy Tielman (30 Mei 1936 – 10 November 2011) adalah seniman Indo (Eurasia) yang diakui sebagai Bapak Indorock, gaya rock dan roll yang dimainkan para musisi Indo tahun 1950-an dan 1960-an. Ia dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting dalam dunia musik pop Belanda, dan “mematahkan kepercayaan bahwa rock dan roll awal berasal dari musisi kulit putih dan hitam Amerika Serikat”.

Ia dikenal karena jangkauan vokalnya yang lebar (5 oktaf) dan permainan gitar virtuosonya. Banyak musisi Belanda yang mengaku sangat terinspirasi oleh Tielman, seperti Jan Akkerman, Barry Hay, dan Herman Brood.

Tielman merupakan musisi pertama yang merilis singel rock dan roll di Belanda, tepatnya pada tahun 1958, dan menjadi perintis band rock internasional pertama dari Belanda, The Tielman Brothers. Kariernya merentang selama tujuh dasawarsa sejak pertengahan 1950-an sampai meninggal dunia tahun 2011. Pada masa kejayaan Tielman tahun 1950-an dan 1960-an, The Tielman Brothers dipuji sebagai pertunjukan panggung terbaik di Eropa dan mendapat bayaran termahal di benua ini.[butuh rujukan] Tahun 2005, ia dianugerahi Order of Orange Nassau oleh Kerajaan Belanda. Andy Tielman meninggal dunia pada tahun 2011 akibat kanker lambung.
(Wikipedia.org)