Toy Story adalah sebuah sebuah film animasi menggunakan gambar yang dibuat oleh komputer (Computer-generated imagery/CGI). Film yang dibuat oleh Pixar ini dirilis oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distribution di Amerika Serikat pada 21 November 1995 serta di Britania Raya pada 22 Maret 1996.

Toy Story adalah film panjang dengan gambar buatan komputer pertama yang dirilis Disney, bahkan dikatakan sebagai yang paling pertama. Film ini juga merupakan film Pixar pertama yang dirilis ke bioskop, meraup US$ 356.800.000 di seluruh dunia. Ceritanya berkisar tentang petualangan mainan yang digambarkan bisa hidup jika tidak ada orang.

Sekuel film ini, Toy Story 2, dan Toy Story 3, dirilis pada 1999 dan 2010. Video Buzz Lightyear of Star Command: The Adventure Begins dan serial televisi Buzz Lightyear of Star Command yang dirilis pada 2000 menceritakan petualangan Buzz Lightyear, salah satu mainan dalam Toy Story.

Woody adalah salah satu dari sekumpulan mainan di rumah Andy. Ia dan teman-temannya sangat resah karena Andy berulang tahun yang berarti ia akan mendapat hadiah dan ada kemungkinan mainan yang lama akan dilupakan. Satu-satunya hadiah mainan untuk Andy adalah Buzz Lightyear, sebuah tokoh petualangan luar angkasa. Kedatangannya mengundang kekaguman mainan lain dan kecemburuan Woody. Berbagai atribut Woody di kamar Andy juga diganti dengan pernak-pernik Buzz, selain itu, Buzz belum sadar bahwa ia adalah mainan. Dan tetap menggangap ia petualang luar angkasa dan menganggap bahwa sayap dan penembak lasernya adalah asli.

Saat kecemburuannya memuncak, terjadi sebuah masalah. Buzz terlempar keluar dan para mainan meminta Woody bertanggung jawab. Buzz dan Woody pun melewati petualangan yang menegangkan untuk kembali bersama teman-temannya, yang berada dalam truk pindahan karena Andy akan pindah rumah.

Pengisi suara :

Mainan :
– Tom Hanks – Sheriff Woody, sebuah mainan koboi favorit Andy
– Tim Allen – Buzz Lightyear, mainan astronot Andy yang baru dan belum sadar bahwa ia adalah mainan
– Annie Potts – Bo Peep, mainan penggembala perempuan kesukaan Woody
– Wallace Shawn – Rex, mainan dinosaurus Tyrannosaurus rex
– Jim Varney – Slinky Dog, mainan anjing dengan badan Slinky
– John Ratzenberger – Hamm, celengan berbentuk babi
– Don Rickles – Potato Head, sebuah mainan Mr. Potato Head dari Hasbro
– R. Lee Ermey – Sarge, pemimpin sepasukan tentara mainan

Manusia :
– John Charles Morris – Andy, anak laki-laki pemilik para tokoh mainan
– Erik von Detten – Sid, penyiksa mainan
(Wikipedia.org)

Toy Story 4 direlease pada tahun 2015.