Pangeran-William

Pangeran William, Adipati Cambridge (William Arthur Philip Louis; lahir di Britania Raya, 21 Juni 1982) adalah anak tertua dari Pangeran Charles, Pangeran dari Wales dan almarhum Diana, Putri dari Wales, cucu dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Adipati dari Edinburgh, suami dari Kate Middleton. Ia berada di garis kedua setelah ayahnya, Pangeran Charles, untuk menempati tahta kerajaan.

Setelah lulus sekolah, mendapatkan gelar, dan menghabiskan waktu di Cili, Belize, dan negara-negara lain di Afrika, pangeran William bergabung dengan militer. Ia berpangkat letnan di resimen Blues and Royals pada Household Cavalary – bersama-sama dengan adiknya Pangeran Henry dari Wales – dan, dua tahun kemudian berhasil mendapatkan Airvrew brevet setelah melalui pelatihan pilot di RAF College Cranwell. Pada tahun 2008, Pangeran diumumkan akan ditransfer dan dilatih sebagai pilot di Search and Rescue Force.

Pangeran William, anak pertama dari Prince dan Princess of Wales lahir di St Mary’s Hospital, London pada 21 Juni 1982. Seminggu kemudian pada tanggal 28 Juni namanya diumumkan oleh Istana Buckingham: William Arthur Philip Louis. Dia dibaptis di Ruang Musik Buckingham Palace pada tanggal 4 Agustus 1982 (ulang tahun ke-82 dari nenek ayahnya, Queen Elizabeth The Queen Mother) Oleh Uskup Agung Canterbury, Robert Runcie. William memiliki enam wali baptis; mantan Raja Constantine II dari Yunani (sepupunya dari pihak ayah); Putri Alexandra, Yang Terhormat Lady Ogilvy (sepupunya dari pihak ayah); the Natalia Grosvenor,Wanita Bangsawan dari Westminster; Susan Hussey; Lord Romsey (sepupunya dari pihak ayah); dan Tuan (Sir), Laurens van der Post. Dia adalah anak pertama lahir dari Pangeran dan Putri Wales sejak Pangeran John tahun 1905. Pangeran akrab disapa “Wombat” oleh orang tuanya atau “Wills” (sebuah nama yang diciptakan oleh pers).

Pada usia tujuh tahun, William dilaporkan mengatakan kepada ibunya bahwa ia ingin menjadi seorang polisi ketika ia lebih tua sehingga ia mungkin bisa melindunginya; pernyataan yang saudaranya Menjawab: “Oh, tidak bisa. Kamu harus menjadi Raja.” Penampilan publik pertama William adalah pada 1 Maret 1991 (Hari Santo David), selama kunjungan resmi dari orang tuanya untuk Cardiff, Wales. Setelah tiba dengan pesawat udara, William dibawa ke Katedral Llandaff di mana ia menandatangani buku tamu, sehingga menunjukkan bahwa dia kidal. Pada tanggal 3 Juni 1991, William dirawat di Rumah sakit Royal Berkshire setelah tanpa sengaja di pukul di daerah samping dahi oleh sesama murid yang memegang stik golf. Dia tidak kehilangan kesadaran, namun mengalami patah tulang pada tengkorak dan dioperasi di Rumah sakit Great Ormond Street, mengakibatkan bekas luka yang permanen. Dalam sebuah wawancara 2009, ia menjuluki bekas luka ini “Luka Harry Potter”. Dia dilaporkan telah berkata, “Saya menyebutnya “The Scar” karena kadang-kadang bersinar dan beberapa orang melihat, kadang kadang mereka tidak melihat sama sekali”.
(Wikipedia.org)