Pandji_Pragiwakso

Stand Up Comedy Indonesia (Kompas TV) dimulai pada tahun 2011 dan tayang setiap hari Kamis pukul 22.00 WIB, sedangkan tayangan ulangnya yaitu setiap hari Minggu pukul 15.00 WIB.

Pencetus gagasan adanya kompetisi Stand-Up Comedy Indonesia (SUCI) di Kompas TV adalah Pandji Pragiwaksono.

Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo (lahir di Singapura, 18 Juni 1979) adalah seorang penyiar radio, presenter televisi, penulis buku, penyanyi rap, dan pelawak tunggal di Indonesia.

Ia adalah seorang alumni Kolese Gonzaga, Jakarta.
Ia tercatat sebagai mahasiswa Desain Produk, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB angkatan 1997.

Ia memulai kariernya sebagai penyiar radio di Hard Rock FM Bandung selama dua tahun sampai 2003 bersama Tike Priatnakusumah, sebelum pindah ke Jakarta dan menjadi penyiar Hard Rock di Jakarta selama tiga tahun, terkenal karena kolaborasinya bersama Steny Agustaf.

Ia juga memandu acara reality show Kena Deh yang ditayangkan di Trans7 dan mendapat sambutan populer, dan ditayangkan semula di ANTV pada 2008. Ia juga pernah memandu acara siaran pertandingan NBA di JakTV, karena ia sangat berminat dengan olahraga basket.

Pada 2008, ia merilis album musik rap pertamanya berjudul Provocative Proactive, yang menampilkan beberapa artis seperti Tompi, Steny Agustaf dan istrinya sendiri, Gamila Arief.

Pada 2009, ia juga meluncurkan album kedua, You’ll Never Know When Someone Comes In And Press Play On Your Paused Life.

Dan di awal 2010, pada 21 Januari bersama para penyiar yang tergabung di MRA, Pandji menyumbangkan suaranya di album THIS IS ME, yang merupakan album amal. Penjualan dan keuntungan album ini diberikan pada Yayasan Onkologi Anak Indonesia.

Albumnya pada 2010, Merdesa, menuai keuntungan besar dengan menerapkan strategi free lunch method yang diakui oleh Hermawan Kertajaya.

Pada tanggal 21 Mei 2012, Pandji mulai meluncurkan album hiphop ke 4-nya berjudul 32. Lagu lagu seperti Demokrasi Kita dan Indonesia Free adalah musikalisasi dari pidato Mohammad Hatta. Album 32 juga berisi lagu seperti GR feat Abenk Ranadireksa (Soulvibe), lalu Untuk Sahabatku feat Davinaraja (The Extralarge) yang ia tulis sebagai persembahan kepada para penikmat musiknya selama 5 tahun berkarier.

Memulai kariernya sebagai seorang pelawak tunggal pada tahun 2010. Diawali dari Twivate Concert pertama yang ia lakukan di bulan April, Pandji akhirnya memantapkan niatnya untuk membangun awareness masyarakat tentang pelawak tunggal ini sendiri.

Pada 28 Desember 2011, ia memroduksi sendiri acara komedi tunggal spesialnya di Teater Usmar Ismail, Bhinneka Tunggal Tawa yang dihadiri ratusan orang.[4] Ia tampil di dua show yang menampilkan pelawak tunggal pembuka Ernest Prakasa, Sam D. Putra, Luqman Baihaqi, dan lain-lain.

Tangal 8 Desember dia menggelar pertunjukan spesial dengan nama INDONESIA: (baca:Indonesia titik dua) gabungan konser hip hop, komedi tunggal, peluncuran buku Berani Mengubah, dan peluncuran album keempatnya, Album 32.

Daftar pembawa acara Stand Up Comedy Indonesia

Tahun Musim Host Co-Host
2011 1 Pandji Pragiwaksono Raditya Dika
2012 2 Pandji Pragiwaksono Ryan Adriandhy
2013 3 Pandji Pragiwaksono Ge Pamungkas
2014 4 Ernest Prakasa
Uus
Babe Cabita
Pandji Pragiwaksono*
2015 5 Pandji Pragiwaksono Babe Cabita**
David Nurbianto

(Wikipedia.org)

Lazada Philippines