Stand-Up Comedy Indonesia Season 3 diadakan pada tahun 2013.

Babe_Cabita

Juara 1 : Babe Cabita.

Priya Prayogha Pratama atau yang lebih dikenal sebagai Babe Cabita (lahir di Medan, Indonesia, 5 Juni 1989) adalah Seorang pelawak tunggal Indonesia. Ia juga sebagai aktor film bergenre komedi. Ciri khas Babe adalah rambut keriting, berkulit hitam manis serta berbadan gempal. Ciri khas pembawaan komedinya adalah materi yang santai, lugas, serta gaya act out nya yang berani serta nyaris vulgar, yang mampu membuat penonton tertawa. Tagline yang sering dilontarkannya adalah “Ahh…Sudahlah”. Babe merupakan comic asal Medan, namun lolos audisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season 3 di Jakarta.

Babe tak akan dikenal sebagai salah satu kontestan yang berhasil menembus grand final Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season 3 andai tidak dijebak dalam sebuah kesempatan open mic. Menurut Babe, pada awalnya ada EO (event organizer) di Medan yang punya ide untuk membuat stand up comedy di Medan, dengan modal nekat namun belum ada komikanya. Akhirnya, asal mencari saja untuk komikanya. Kebetulan, waktu itu banyak dari penyiar radio yang diambil untuk jadi komika. Babe kala itu lebih sering melawak lewat kicauan di Twitter, salah seorang penyiar radio di Medan ada yang memfollow Twitternya, maka ia ikut terjaring untuk mengisi acara. Awalnya Babe mengira akan mengisi acara tersebut bersama, tetapi setelah datang Babe langsung dipanggil tampil untuk open mic, mengingat bahwa dirinya hanya berani di Twitter. Akhirnya ia maju, dan sejak saat itu dirinya mulai sering ikut open mic. Lalu awal Babe mengikuti SUCI 3 Kompas TV adalah berkat Fauzi, dokter yang juga salah satu peserta SUCI Kompas TV season 1 yang juga berasal dari Medan. Fauzi membuat show bertajuk Rasa Medan dan Babe ikut tampil mengisi acara. Atas saran Fauzi, Babe berangkat ke Jakarta untuk ikut audisi dan akhirnya berhasil lolos.

Babe dalam kompetisi dikenal dengan pembawaan materi yang santai, lugas, diikuti dengan act out yang berani. Seperti dalam beberapa show, Babe menunjukkan kebolehannya dalam menari ala breakdance namun gemulai, lalu gaya kesurupan dengan suaranya yang kocak. Dengan modal itulah Babe melaju hingga ke grand final dan berhasil juara dengan mengalahkan Fico Fachriza, comic asal Jakarta, yang waktu itu banyak diunggulkan untuk menjadi juara.

Setelah menjuarai ajang kompetisi, Babe mulai sering hadir di televisi. Selain sebagai pelawak tunggal, Babe juga ikut main di beberapa film televisi dan layar lebar. Beberapa di antaranya adalah Comic 8 dan Caleg By Accident. Bersama Ernest Prakasa dan terakhir Uus, Babe menjadi co-host Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season 4.

Ficocacola

Juara 2 adalah : Fico Fachriza.

Fico Fachriza (lahir di Jakarta, Indonesia, 24 Mei 1994) adalah pelawak tunggal yang berasal dari Indonesia.
Fico yang merupakan alumni SMA Negeri 5 Depok ini mengawali karier melawaknya melalui acara Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim 3 (SUCI 3) pada tahun 2013, awalnya dia hanya penonton setia SUCI yang diselenggarakan di Kompas TV. Pada SUCI 3, ia menembus babak lima besar, dan ia menjadi pemenang kedua SUCI 3.

Ciri khas Fico dikenal dengan kesannya yang bego karena terkadang tema dengan pembicaraannya sering tidak menyambung. Bahkan Fico merasa nyaman kalau dikatakan bego oleh Raditya Dika. Baginya jika dibilang bego, posisi dia sudah aman, tapi kalau dibilang pintar, dia merasa tidak nyaman.

Ariekriting

Juara 3 adalah : Arie Kriting.

Satriaddin Maharinga Djongki dengan nama panggungnya Arie Kriting (lahir di Kendari, 13 April 1985) adalah seorang pelawak tunggal Indonesia. Ia juga salah seorang aktor yang berperan dalam film Comic 8. Sebelumnya, komika yang satu ini memulai melawak di panggung-panggung kecil bersama komunitas pelawak tunggal Malang, hingga akhirnya lolos setelah mencoba peruntungan yang kedua kalinya pada audisi Stand Up Comedy Kompas TV.

Arie kerap kali melawak dengan ciri khasnya Indonesia Timur. Arie membawakan materi komedi bernuansa kritik sosial sekaligus memperkenalkan pada masyarakat bahwa masih banyak hal positif yang bisa digali dari Indonesia Timur seperti budaya, pariwisata, serta pemandangan alam yang indah. Dengan logat ala Indonesia Timur nya yang khas inilah, Arie berhasil menembus 3 besar bersama Babe Cabita dan Fico Fachriza di ajang Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season 3 pada 2013. Pada ajang itu Arie juga memiliki saingan sesama orang Indonesia Timur yaitu Gian, yang nantinya hanya mampu mencapai 7 besar. Arie menjadi wakil Indonesia Timur pertama yang sukses masuk 3 besar di ajang itu, sebelum akhirnya prestasi tersebut dipecahkan oleh Abdurrahim Arsyad yang mampu masuk grand final pada tahun 2014.

Saat ini Arie tetap eksis di televisi, baik sebagai komika, maupun acara komedi lainnya. Terakhir dirinya tampil di sebuah program komedi Trans 7 bersama dengan Chun Funky Papua dan artis lainnya di Nusa Tawa.

(Wikipedia.org)