OLX_Indonesia

OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara online.

Tokobagus.com didirikan pada April 2005 di Denpasar Bali oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker yang ingin membuat situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa secara online. Arnold kala itu melihat Indonesia adalah negeri yang memilik geografis luas, sehingga sangat cocok untuk pengembangan e-commerce, sebab sifat dari internet yang tidak mengenal ruang dan waktu akan bisa mendorong perekonomian. Keberadaan Tokobagus ini bisa dikatakan mendahului zaman pada 2006 karena akses internet masih mahal dan perangkat yang ada terbatas saat itu. Akhirnya, Tokobagus yang bermain di classified Ad hanya dikelola sebagai proyek sampingan.

Arnold_Sebastian_Egg

Arnold Sebastian Egg lahir di Gouda, Belanda, 26 Maret 1980, merupakan Pendiri dan CEO dari Situs Jual Beli Online OLX.co.id, begitu lulus dari Fakultas Teknologi Informasi di James Madison University, AS, pada 1999, pemuda kelahiran Gouda, Belanda, itu menjadi Freelance Programmer dengan membuat situs-situs perusahaan. namun, bisnis yang mendatangkan ribuan gulden (mata uang belanda) itu tidak membuat dia cepat puas, dia berambisi mengikuti jejak Jeff Bezos, CEO Amazon.com, sebuah perusahaan yang menggelola toko buku di jagat maya, “Amazon.com adalah karya luar biasa karena mempertemukan pembeli dan penjual tanpa dibatasi ruang.” ujar Arnold menceritakan ambisinya saat masih belia dengan bahasa indonesia yang fasih ketika ditemui di Surabaya awal pekan lalu.

Namun, tak ada yang bisa menebak suratan takdir seseorang. ambisi Arnold saat tinggal di belanda dan ketika menuntut ilmu di Amerika itu justru malah terwujud di Indonesia, pilihannya untuk menghabiskan libur musim panas di Denpasar, Bali, pada pertengahan 2000 membuat jalan hidup pria kelahiran 26 Maret 1980 itu berubah drastis, saat sedang asyik menikmati pemandangan alam Pulau Dewata, tebersit keinginan Arnold untuk mewujudkan ambisi terpendamnya itu, dia membuat situs terbaik untuk dirinya ala Amazon.com di indonesia. “Saat itu, saya melihat internet sudah berkembang luar biasa di dunia, namun bisnis online justru tidak banyak tergarap di indonesia” ujarnya, melihat peluang usaha yang masih menganga itu membuat Arnold merombak total rencana liburannya. dari semula direncanakan hanya beberapa hari di bali, dia ubah sampai ide besarnya tersebut terwujud dan berlangsung hingga sekarang.

Setelah melakukan survei sederhana, pada September 2005, Arnold memberanikan diri membuat situs jual beli bernama tokobagus.com yang sekarang jadi OLX.co.id. kenapa memilih nama yang unik itu? sambil tertawa Arnold menjelaskan, “Saya memilih kata toko karena situsnya mendesain setiap user dapat domain atau shop alias toko sendiri. Sedangkan, saya pilih bagus karena saya sering melihat kata bagus untuk nama toko di Indonesia” ceritanya, seperti cerita pada umumnya di bisnis teknologi, Arnold juga mengawali usaha tokobagus.com dengan sangat sederhana. jika Bill Gates dari Microsoft dan Steve Jobs pendiri Apple Inc, mengawali di garasi. Arnold juga menjalankan roda usaha tokobagus.com di rumah kontrakan dengan hanya tiga karyawan.

Remco_Lupker

Remco Lupker, co-founder Tokobagus, situs iklan baris terbesar di Indonesia, adalah salah satu founder teknologi asing pertama yang berhasil di Indonesia. Setelah keluar dari perusahaannya, ia memulai jaringan video iklan, Ambient Digital Indonesia.

Remco Lupker pindah dari Belanda ke Indonesia lima tahun lalu setelah memulai TokoBagus agar lebih mempunyai banyak waktu untuk menjalankan perusahan ini.

Ketika ditanya tentang strategi marketingnya yang agresif di iklan TV, Lupker menjawab bahwa iklan TV dapat menumbuhkan kesadaran pelanggan sedangkan iklan online untuk konversi. Meski mengaku bahwa dirinya adalah seorang yang sangat mempertimbangkan konversi, ia berpikir bahwa Indonesia adalah pasar yang baru bertumbuh dan perlu dididik terlebih dahulu. Jadi, menumbuhkan kesadaran sangatlah penting. Baginya iklan TV mungkin menjadi platform yang sebaiknya digunakan oleh situs iklan baris. Selain menjadi agresif di iklan TV, memanfaatkan seluruh platform untuk strategi marketing adalah kunci sukses TokoBagus.