otomotif

Ducati

Ducati merupakan salah satu perushaan produsen sepeda motor terkemuka asal Italia. Mereka adalah salah satu dari 2 pioneer lainnya untuk sepedamotor, mereka adalah Harley-Davidson dan BMW. Sejak tahun 1970 Ducati selalu memproduksi sepedamotor dengan mesin desmodromic valve timing L-twin dan rangka trellis.

Ducati telah memenangkan banyak balapan seperti World Superbike championships, MotoGP, Supersport championships atau yang lainnya. Faktanya mereka telah memenangkan lebih banyak balapan di World Superbike championships dari yang lainnya, tepatnya lebih dari 250 balapan dan 12 title dunia untuk World Superbike championships.

Ducati telah membuktikan kepada dunia bahwa dengan mesin L-twinnya, mereka ternyata bisa lebih cepat dari pada mesin-mesin 4 selinder segaris buatan motor-motor jepang. Padahal dengan kapasitas volume yang sama, bisanya mesin yang memiliki silinder yang lebih banyak akan lebih bertenaga. Sebagai contoh mesin Honda CBR 1000RR dengan gampangnya mencapai 200 daya kuda, sedangkan Ducati 999 F06 hanya max sampai 194 daya kuda, padahal keduanya sama-sama 1000cc. Tetapi perlu diingat, motor dengan silinder yang lebih sedikit akan lebih ringan dan aerodinamic dan dapat berlari cepat daripada motor yang bermesin kuat. (Wikipedia.org)

Pendiri Ducati adalah Ducati bersaudara diantaranya : Adriano Cavalieri Ducati, Bruno Cavalieri Ducati, Antonio Cavalieri Ducati, Marcello Cavalieri Ducati.

Ducati_Brother

Antonio Cavalieri Ducati, seorang insinyur industri yang membuat karirnya di akhir abad ke-19, adalah pendiri Ducati. Antonio Cavalieri Ducati, yang berasal dari Comacchio, pindah ke Bologna pada paruh kedua abad ke-19, selama puncak revolusi industri Italia.

Pada tahun 1924 Adriano Cavalieri Ducati, seorang mahasiswa fisika brilian, mencapai ketenaran dengan koneksi radio eksperimental antara Italia dan Amerika, menggunakan perangkat gelombang pendek dari desain sendiri.

Didorong oleh keberhasilan percobaan ini, keluarga Ducati mendirikan “Società Scientifica Radio Brevetti Ducati” (Ducati Ilmiah Radio Paten Perusahaan) pada 4 Juli, 1926. Kantor pertama terletak di pusat Bologna, di Via Collegio di Spagna 9 , tapi tak lama kemudian perusahaan itu pindah ke Viale Guidotti 51, tepat di luar pusat kota. Ini adalah pabrik Ducati besar yang pertama.

Bagian pertama dibangun pada tahun 1935 – 1939. Bruno Ducati bertanggung jawab atas desain dan diarahkan konstruksi dan Marcello Ducati sebagai staf, sementara produksi dan penelitian yang diawasi oleh Adriano Ducati. Dari produksi asli dari kondensor, produksi diperluas untuk mencakup peralatan radio dan presisi teknik mesin, dengan pertumbuhan bersamaan karyawan yang mengarah ke Ducati menjadi perusahaan manufaktur terbesar di Bologna dalam era tahun 30-an. Pada awal Perang Dunia Kedua pabrik itu telah menyerap tenaga kerja lebih dari 5.000, tapi kemudian rusak berat oleh Sekutu ketika ada pemboman pada 12 Oktober 1944 dan produksi berhenti sampai paruh kedua tahun 1945.

Ducati saudara tidak berkecil hati dengan pengalaman ini dan kemudian sebagian dibangun kembali pada akhir 1945, dengan produksi Cucciolo , sepeda motor pertama diproduksi di Borgo Panigale, mulai bulan Maret 1946. Sayangnya, karena kerusakan yang diderita selama perang, saudara-saudara Ducati menganggap diri mereka tidak mampu menjalankan perusahaan menguntungkan, dan itu diserahkan ke negara pada tahun 1948. Adriano Cavalieri Ducati pindah ke California, di mana ia bekerja dengan Werner Von Braun pada program ruang angkasa Amerika yang mengakibatkan pendaratan bulan pada tahun 1969. Marcello Ducati, di sisi lain, pindah ke Milan untuk memproduksi gerbang otomatis. Saudara ketiga, Bruno Ducati, juga pindah ke Milan di mana ia mendirikan sebuah agen real yang masih aktif saat ini.

Bruno Ducati meninggal pada 18 Mei 2001 di usia 96, yang terakhir dari tiga bersaudara Ducati.
(http://www.ducati.com)