Nokia_

Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggamnya. Nokia memproduksi telepon genggam untuk seluruh pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA, dan W-CDMA (UMTS).

Kata Nokia berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negara Finlandia Selatan. Nokia didirikan sebagai perusahaan penggilingan pulp oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865. Perusahaan Karet Finlandia kemudian mendirikan pabriknya di kawasan sekitarnya pada awal abad ke-20 dan mulai menggunakan merek Nokia.

Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk bernama Nordic Mobile Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan selular multinasional pertama di dunia. Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah negara dan mendapat sambutan yang luar biasa.

Pendiri Nokia adalah Fredrik Idestam dan Leo Mechelin.

Fredrik_Idestam

Knut Fredrik Idestam, lahir pada 28 Oktober 1838 di Tyrvanto, Grand Duchy Finlandia dan meninggal pada 8 April 1916 di Helsinki, Grand Duchy of Finland. Idestam adalah insinyur pertambangan dan pengusaha, paling dikenal sebagai pendiri Nokia.

Pendidikan Fredrik Idestam adalah bidang Pertambangan, di mana ia memegang gelar Master dan mengikuti jejak ayahnya, ia merencanakan karir sebagai pegawai negeri sipil di Dewan Pertambangan Grand Duchy Finlandia. Dalam 1863-1864, Idestam melakukan penelitian lebih lanjut dalam logam dasar di Jerman di Sekolah Pertambangan (Bergakademie) di Freiberg, Saxony. Sementara di sana, ia diangkat sebagai insinyur pertambangan di Badan Finlandia Pertambangan. Tapi pada awal musim panas 1864 rencana karirnya berubah. Dalam perjalanannya melalui Pegunungan Harz di perjalanan kembali dari Freiberg, ia mengunjungi sebuah pabrik groundwood. Ia menemukan sebuah pabrik yang memproduksi bahan baku kertas dari kayu. Proses dan peralatan telah dikembangkan oleh produsen kertas Heinrich Voelter.

Permintaan untuk kertas meningkat pesat di dunia industrialisasi – di Eropa dan Amerika Utara. Tetapi produksi tidak bisa tumbuh, karena ada kekurangan dari kain digunakan sebagai bahan baku dan tidak ada cara untuk meningkatkan pasokan. Idestam percaya bahwa solusi Voelter untuk masalah bahan baku adalah yang benar. Dia menyadari pentingnya inovasi ini untuk Finlandia. Ada persediaan terbatas bahan baku di hutan Finlandia, dan di tengah-tengah hutan yang jeram dan air terjun yang bisa menyediakan listrik untuk pabrik. Begitu ia kembali ke Finlandia ia memerintahkan mesin yang dirancang oleh Voelter dari Jerman, dan dia diberikan izin operasional oleh Senat pada 12 Mei 1865 (tanggal yang kelompok Nokia saat ini perusahaan menganggap sebagai hari berdirinya). Pabrik mulai produksi di samping air terjun bawah Tammerkoski Rapids di Tampere awal tahun 1866.

Idestam bukan yang pertama di bidangnya di Finlandia. Apoteker Achates Thuneberg telah mendirikan pabrik groundwood dekat Viipuri pada tahun 1860. Pabrik Thuneberg telah dikembangkan di Viipuri – tampaknya independen dari Voelter – dan telah dibangun di Finlandia. Tapi Thuneberg tidak berhasil: pabrik nya tidak sebagus Voelter itu, dan usaha skala kecil segera mereda. Sebaliknya, Idestam berhasil dan menarik pesaing.

Seperti Voelter di Jerman, Idestam harus memasarkan produknya penuh semangat. Pulp lebih murah daripada kain pulp, tapi produsen kertas dan konsumen dianggap sebagai pengganti yang lebih rendah – sebagai ‘kayu kain’. Dari Frenckell (kain) pabrik kertas di Tampere, Idestam memerintahkan kertas yang serat terdiri dari bagian yang sama dari kain dan pulp-nya. Pada Desember 1866 yang Tampereen Sanomat menjadi koran pertama di Finlandia yang akan dicetak di atas kertas kayu. The Helsingfors Dagblad di Helsinki segera mengikuti. Idestam dipamerkan groundwood nya di 1867 Paris Pameran dan dianugerahi Medali Perunggu. Ini adalah terobosan yang menentukan, seperti Idestam sendiri menyatakan kemudian. Pabrik Voelter ini menerima Medali Emas di pameran yang sama. Itu hanya pada titik ini bahwa dunia menyadari pentingnya proses dan peralatan Voelter, dan mereka mulai memakai ke dalam penggunaan yang lebih umum.

Pesaing pertama Idestam di Finlandia adalah apoteker Tampere Gustaf Adolf Serlachius. Serlachius mendirikan pabrik di Mantta pada tahun 1868. Pada tahun 1868 Idestam membangun pabrik kedua di Nokia, lima belas kilometer barat dari Tampere.

Sejumlah pabrik groundwood didirikan di Finlandia pada awal 1870-an. Finlandia, sekitar dua puluh tahun di belakang Swedia dan Norwegia dalam industri penggergajian, tapi industri kayu pulp mulai dikembangkan di ketiga negara Nordik. Dari awal tahun 1870-an ke awal Perang Dunia Pertama, pangsa industri kehutanan kimia dalam total ekspor Finlandia meningkat dari nol sampai 20 persen, dan pada saat yang sama nilai total ekspor Finlandia meningkat sepuluh kali lipat.

Idestam mengubah perusahaannya menjadi perusahaan saham pada tahun 1871. Dengan temannya dekat Leo Mechelin , negarawan dan tokoh masyarakat paling menonjol di Finlandia pada akhir abad ke-19, ia mendirikan Nokia Ltd dan mengalihkan seluruh kegiatan untuk Nokia, di mana pabrik baru dibangun. Pabrik Idestam dan Nokia Manor dan bunga dalam Nokia Rapids, yang telah diakuisisi oleh Mechelin, dipindahkan ke perusahaan baru. Idestam dimiliki lebih dari setengah saham dalam perusahaan. Ia mengundurkan diri dari Dewan Pertambangan dan posisinya ada sebagai Master of Mint dan mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk mengelola Nokia Ltd. Mechelin memberinya dukungan penting dengan menarik investasi modal dan pendanaan.

Perkembangan Nokia Ltd berjalan dengan baik. Idestam adalah seorang manajer bisnis hati-hati, dan perencanaan keuangannya memungkinkan untuk saat terburuk di masa depan. Meskipun investasi Nokia dalam memperluas produksi dan meningkatkan derajat pengolahan yang besar, Idestam, tidak seperti banyak pelopor lain dari industri Finlandia, diatasi dengan krisis yang muncul, dan pada awal 1880-an tiga mesin kertas dibangun di Nokia, serta Finlandia pabrik pulp pertama sulfit pada 1885. Pabrik pulp sulfat pertama sudah ditetapkan sebelumnya di Valkeakoski – pada tahun 1880. Kimia kayu pulp sekarang diganti kain-bubur sebagai bahan baku untuk hampir semua kualitas kertas. Pada 1880-an Nokia sedang memproses semua groundwood dan kimia kayu pulp ke dalam kertas.

Pada inisiatif Idestam dan di bawah kepemimpinannya, tokoh terkemuka kertas industri didirikan organisasi produsen mereka: sebuah asosiasi karton pada tahun 1874, asosiasi bubur pada tahun 1875 dan asosiasi kertas pada tahun 1892. Ini adalah kartel digunakan oleh Finlandia untuk membagi mereka yang paling penting daerah pemasaran, pasar Rusia, dan untuk menghilangkan persaingan bersama. Idestam adalah general manager dan Ketua Asosiasi Kertas sampai 1903. Dia pensiun dari manajemen Nokia pada tahun 1896. Ia digantikan sebagai manajer umum oleh anaknya mertua Gustaf Fogelholm dan sebagai ketua dewan oleh Leo Mechelin.

Loe_Mechelin

Leopold (Leo) Henrik Stanislaus Mechelin (lahir November 24, 1839, Hamina , Grand Duchy Finlandia – 26 Januari 1914, Helsinki , Grand Duchy of Finland) adalah Finlandia profesor, negarawan, senator dan liberal reformis. Sebuah bek terkemuka dari otonomi dari Grand Duchy Finlandia , dan hak-hak perempuan dan minoritas, 1905-1908 pemerintah Mechelin dunia (“Senat Mechelin ini”) membuat Finlandia menjadi negara pertama di dunia dengan hak universal untuk memilih dan menjadi terpilih. Periode di kantor juga melihat pengenalan kebebasan berekspresi , yang pers , dan perakitan .

Dia juga mendirikan Partai Liberal dari Finlandia (1880-1885), menulis program, adalah salah satu pendiri dari Union Bank of Finland 1862 (sekarang bagian dari Nordea Bank) dan mendirikan Nokia Perusahaan (1871) dengan Fredrik Idestam , adalah ketua pertama dari dewan kota dari Helsinki (1875-1876 dan 1892-1899) dan ahli internasional dihormati di politology dan anggota dari gerakan perdamaian. Kaisar Alexander II nobled Mechelin 1876.

Mechelin memimpin perlawanan pasif di Finlandia selama periode pertama penindasan (1899-1905) sampai dan bahkan setelah pembuangan nya (1903), yang pejabat harus membiarkan dia kembali sebagai anggota parlemen (House of Nobles) 1904, disambut oleh kerumunan merayakan sepuluh ribu orang. Dalam pertemuan rahasia Kagaali , Mechelin telah menulis petisi terhadap draft Finlandia untuk tentara Rusia, yang dikumpulkan hampir 500.000 tanda tangan. Koalisinya, yang Constitutionals , akhirnya berhasil mengakhiri draft melalui boikot.

Lahir di Hamina pada tahun 1839, putra Gustaf Johan Mechelin dan Amanda Gustava Costiander, Leo Mechelin belajar di University of Helsinki , mendapatkan nya Bachelor dan Master gelar di Filsafat pada tahun 1860, gelar Sarjana di bidang hukum pada tahun 1864, dan Lisensi dan Doktor pada tahun 1873.

Sebagai Profesor yurisdiksi dan politology 1874-1882, Mechelin berpendapat bahwa Tsar terikat oleh hukum konstitusi lama dari waktu Swedia aturan Finlandia (sebelum 1809), dan karenanya menegaskan bahwa Finlandia adalah negara hukum yang terpisah, yang tsar hanya bisa memerintah dengan hukum, sedangkan di Rusia ia memiliki kekuasaan mutlak. Selama periode penindasan, tsar mencoba untuk memaksakan hukum konstitusional, yang menentang Mechelin. The kerusuhan di Rusia dan Finlandia (1905) akhirnya memaksa tsar untuk mematuhi Manifesto November ditulis oleh Mechelin. Hal ini memungkinkan Mechelin untuk membentuk pemerintahan (1905-1908) dan untuk mengubah Finlandia ke dalam apa yang dalam banyak hal pertama demokrasi liberal (misalnya, di Selandia Baru perempuan yang sudah memiliki hak pilih tetapi tidak untuk dipilih, di Australia hanya orang kulit putih memiliki hak-hak) pada tahun 1906. Pada tahun 1907, pemilihan umum pertama yang satu-ruang parlemen (“eduskunta”) diadakan, dan 19 dari 200 anggota pertama adalah perempuan. Namun, constitutionals semua pihak tidak memperoleh mayoritas kursi, dan tsar menyadari bahwa ia bisa melanjutkan dengan penindasan, mulai periode kedua penindasan (1908-1917). Setelah kematian Mechelin ini (tahun 1914), dua revolusi di Rusia diperbolehkan Finlandia untuk menyatakan kemerdekaannya (1917) dan lebih muda rekan kerja Mechelin ini mampu menyelesaikan pekerjaannya.

Nokia, lebih terkenal di dunia dengan ponsel korporasi, awalnya didirikan oleh Mechelin dan teman sekamarnya hari muridnya ‘ Fredrik Idestam sebagai perusahaan kehutanan. Kemudian keinginan Mechelin untuk memperluas ke listrik bisnis yang pada awalnya digagalkan oleh oposisi Idestam, tapi Mechelin berhasil meyakinkan sebagian pemegang saham rencananya dan menjadi ketua perusahaan (1898-1914), sehingga mampu mewujudkan visinya.

Mechelin juga aktif dalam masyarakat sipil dan Presiden saat ini Universitas Seni dan Desain Helsinki dan dari Finlandia Art Society . Sebagai politisi dia selalu sangat dihormati di antara semua pihak dan warga negara, meskipun setelah pembubaran Partai Liberal (1885) dia tidak pernah bergabung dengan pihak lain.