Lazada Indonesia

X Factor Indonesia adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari The X Factor dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian bakat menyanyi. Berisi acara yang berhubungan dengan musik dan mengudara selama 200 menit. Acara pencarian bakat ini digelar setiap 2 tahun sekali pada tahun ganjil. X Factor Indonesia memenangkan Panasonic Gobel Awards untuk kategori Pencarian Bakat & Reality Show Terbaik pada tahun 2014.

X Factor Indonesia musim pertama dimulai pada tanggal 28 Desember 2012 dan berakhir sampai dengan 24 Mei 2013.
Pemenang X Factor Indonesia musim pertama adalah :

Fatin_Shidqia

1) Fatin Shidqia Lubis
Fatin Shidqia Lubis (lahir di Jakarta, 30 Juli 1996 atau yang lebih dikenal dengan Fatin Shidqia atau Fatin adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan juara ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama. Setelah menjuarai ajang tersebut, Fatin mengeluarkan debut single “Aku Memilih Setia” yang langsung menempati posisi 1 di chart iTunes Indonesia.

Fatin mengikuti audisi musim pertama dari X Factor Indonesia dengan membawakan lagu Bruno Mars yang berjudul “Grenade”. Kala itu dia masih memakai seragam OSIS karena dia sebelumnya izin sekolah untuk mengikuti audisi ini. Dia pun memakai sweater berwarna abu-abu bergaris-garis. Hal ini karena dia sedang dalam kondisi sakit ketika melantunkan lagu “Grenade”. Tepuk tangan meriah ia dapatkan dari keempat juri dan para penonton. Rossa mengatakan bahwa suara Fatin sangat bagus. Ahmad Dhani mengatakan bahwa ia sangat suka suara Fatin. Sementara itu Mulan mengatakan bahwa suara Fatin “bahaya”. Keempat juri memberikan 4 Yes. Ia pun berhak maju ke tahap bootcamp 1.

Di tahap tersebut Fatin menyanyikan lagu “Rindu” bersama teman grupnya yakni Mersya Veronica (19), Alifia Yeri (22), Yemima Novalia (19), dan Bella (19). Saat menyanyikan lagu Agnes Monica itu, Fatin sempat salah lirik. Hal ini karena ia merasa gugup.

Babak selanjutnya, yakni Bootcamp 2 (Dance Challenge) yang menguji peserta X Factor harus menari bersama-sama. Sayangnya Fatin dinyatakan tidak lolos pada Dance Challenge ini sehingga juri memberikan Mini Challenge yaitu menyanyi secara acapela (tanpa iringan musik), pada waktu itu Fatin menyanyikan lagu “Paris Oh La La”. Dia akhirnya dinyatakan lolos yang membawanya untuk tampil ke babak selanjutnya yakni Bootcamp 3.

Pada tahap Bootcamp 3 ini, Fatin membawakan lagu Foster The People yang berjudul “Pumped Up Kick”. Meskipun sempat lupa lirik, namun Fatin tetap mendapatkan pujian, hal ini karena suaranya yang benar-benar khas.

Fatin pun lanjut ke babak selanjutnya yakni Judges Home Visit. Di hadapan juri Rossa dan Maia, ia melantunkan lagu “Cinta Kan Membawamu Kembali” karya Dewa 19. Sayang lagu ini tidak pas dengan karakter Fatin sehingga wajar jika Maia mengatakan bahwa Fatin tidak menyanyikan lagu ini dengan indah. Namun Rossa masih percaya dengan kemampuan karakter vokal Fatin. Ia pun meloloskannya hingga akhirnya ia melanjutkan ke babak berikutnya yakni Showcase, Fatin tampil dengan ke-12 kontestan lainnya secara langsung di hadapan 4 juri (Ahmad Dhani, Rossa, Anggun, dan Beby Romeo) dan ribuan penonton. Fatin saat itu menyanyikan lagu dari Rihanna yang berjudul “Diamond”.

Fatin pun melanjutkan ke tahap Gala Show pertamanya. Ia melantunkan lagu dari Adele, “Rumour Has It”. Kemudian Fatin lolos dan melangkah ke babak selanjutnya yakni Gala Show 2 yang bertemakan “Song from mentor” di saat menyanyikan lagu “Pudar”. Ia mulai beradaptasi menyanyi dengan menari bersama penari lainnya. Fatin dinyatakan lolos dan berhak lanjut ke babak berikutnya.

Babak ini (Gala Show 3) bertemakan “My Favourite Song”. Fatin menyanyikan lagu “Girl On Fire” asal penyanyi Alicia Keys sambil menge-rap. Di sini karakter serak Fatin muncul. Ia dinyatakan lolos. Pada Gala Show selanjutnya, Fatin tampil nge-Rock dengan menyanyikan lagu “Don’t Speak”, dia pun lolos ke Gala Show 5. Pada Gala Show 5 ini, Fatin menyanyikan lagu slow dari Maudy Ayunda yang berjudul “Perahu Kertas”. Fatin melangkah ke babak selanjutnya, Gala Show 6 yang mengambil tema “My Inspiration Song”. Fatin memilih lagu Bruno Mars yang berjudul It Will Rain. Ia lolos dan berhak melanjutkan ke Gala Show 7, ia membawakan lagu Duffy yang berjudul “Mercy”. Di sini Fatin mulai bernyanyi sambil berinteraksi dengan penonton. Fatin juga disebut finalis yang sering lupa, sudah banyak waktu Gala Show dia lupa lirik.

Fatin lanjut hingga Grand Final dan menyanyikan “Katakan Tidak” dengan Afgansyah Reza, “Stay”, dan lagu kemenangannya “Aku Memilih Setia” yang langsung menjadi Top Songs di Chart iTunes Indonesia.

Pada 25 Mei 2013, Fatin dinyatakan sebagai pemenang X Factor Indonesia musim pertama.

Novita_Dewi

2) Novita Dewi Marpaung
Novita Dewi Marpaung (lahir di Jakarta, DKI Jakarta, 15 November 1978) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Perempuan yang akrab disapa Dewi ini merupakan putri dari Jack Marpaung, seorang penyanyi legendaris di kancah musik rock Batak. Dewi sudah menunjukan bakat di dunia tarik suara sejak kecil dan sering mengikuti berbagai kompetisi bernyanyi hingga dijuluki “macan festival”. Dewi sempat meraih juara dua pada ajang Cipta Pesona Bintang, Weekly Champion (juara mingguan) Asia Bagus, serta juara pertama Suara Remaja Vinolia RCTI. Prestasi tertinggi Dewi diraihnya saat menjadi juara pertama dalam Astana Song Festival 2005 di Kazakhstan.

Meskpun berjaya di jalur festival, karier Dewi di industri rekaman tidak berjalan dengan mulus. Pada tahun 2008, ia baru berkesempatan merilis album pop pertamanya berjudul Sweet Heart dengan memakai nama Dewi Marfa. Namun, album tersebut tidak berhasil di pasaran akibat promosi yang sangat terbatas. Dewi kemudian lebih banyak berkarier di industri rekaman Batak dan musik rohani. Pada tahun 2010, Dewi bergabung dengan label Nagaswara dan merilis singel berjudul “Jejak Luka”, Dilagu tersebut Novita meraih Penghargaan “Best New Pop Vocal Female” dari Nagaswara Music Awards 2010.

Dewi kembali tampil di kompetisi musik dengan mengikuti X Factor Indonesia musim perdana. Keikutsertaannya di ajang ini adalah untuk memenuhi keinginan almarhum adiknya. Ia bergabung pada kategori Over 26 (penyanyi 26 tahun ke atas) yang dimentori oleh Bebi Romeo. Sebelumnya, pada tahun 2011, Dewi sempat behasil lolos dalam audisi The X Factor versi Amerika, namun kemudian terhenti akibat social security. Dewi dikenal sebagai kontestan dengan karakter suara serak khas dan teknik vokal yang sangat matang. Setelah dinobatkan sebagai juara kedua di ajang tersebut, Dewi mendapat kontrak rekaman dari Sony Music Indonesia selama lima tahun. Novita Dewi memiliki jenis Suara Sopran yang Khas dengan Powerfull Tinggi (Whistle),konon suaranya mampu mencapai 4-4,5 Oktav. terlihat seperti lagu “O Holy Night”,” Buni di ate ate”(lagu Batak) dan “Jejak Luka” dll.

Keikutsertaan Dewi dalam ajang ini sempat dikritik oleh beberapa pihak karena ia sudah menjadi penyanyi profesional dan pernah merilis album sebelumnya. Namun, kemudian pihak X Factor Indonesia menegaskan bahwa kompetisi tersebut terbuka untuk semua orang, baik penyanyi amatir ataupun yang sudah pernah rekaman, dengan syarat tidak sedang terikat kontrak. Beberapa pemenang The X Factor mancanegara, seperti Tate Stevens (Amerika, musim kedua) dan Samantha Jade (Australia, musim keempat), juga pernah rekaman dan masuk tangga lagu nasional sebelum ikut kompetisi. Selama kompetesi berlangsung, ia merupakan kontestan yang paling sering mendapat standing ovation dari para juri. Dewi dinobatkan sebagai juara kedua X Factor Indonesia, setelah persaingan SMS yang ketat diungguli oleh Fatin Shidqia.

NuDimension

3) Nu Dimension
Nu Dimension adalah sebuah grup musik yang beranggotakan empat vokalis pria, yaitu Romy Syalasa, Bagus Cahya, Johanan Ariel, dan Ryan Hartanto. Grup ini dibentuk pada ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama dan dimentori oleh musisi Ahmad Dhani. Mereka berhasil menembus babak Grand Final dan menjadi juara ketiga pada ajang tersebut. Singel pertama Nu Dimension adalah “Luka di Hatimu” yang merupakan salah satu dari tiga lagu kemenangan yang dinyanyikan oleh para grand finalis. Grup ini tengah mempersiapkan debut rekaman mereka selepas X Factor Indonesia dengan bimbingan Ahmad Dhani.

Mereka berempat mengikuti audisi musim pertama dari X Factor Indonesia Mereka berhasil mengikuti audisi sebagai solois tapi gagal pada tantangan bootcamp. Namun juri memberikaan kesempatan tetapi bukan sebagai solois melainkan digabungkan menjadi sebuah grup. Penampilan pertama mereka membawakan lagu Man in the Mirror milik penyanyi Michael Jackson yang membawa mereka berhasil lolos kebabak Gala Live Show dengan dimentori oleh musisi Ahmad Dhani. Hampir disetiap penampilan mereka mendapatkan pujian dari juri dan membawa mereka sampai ke Grand Final dan mendapat gelar Runer Up 2 X Factor Indonesia Season 1.

Anggota Nu Dimension :
– Romy Syalasa
– Romy Syalasa Putra, Lahir di Mataram, 11 Januari 1987
– Bagus Cahya
– Bagus Cahya Adi, Lahir di Wonogiri, 24 Agustus 1991
– El Matulessy
– Johanan Ariel Matulessy, Lahir di Makassar, 6 November 1994
– Ryan Hartanto
– Ryan Hartanto Tedja, Lahir di Surabaya 27 April 1995
(Wikipedia.org)

Lazada Indonesia