Fernando_Alonso

Fernando Alonso Díaz, akrab disapa Nando, lahir di Oviedo, Asturias, Spanyol, 29 Juli 1981, adalah seorang pembalap Formula Satu asal Spanyol. Ia sempat menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah F1 saat merebut gelar tahun 2005 dalam usia 24 tahun dan 59 hari, sehingga memecahkan rekor berumur 33 tahun milik Emerson Fittipaldi yang berusia 25 tahun dan 273 hari ketika meraih gelar juara dunia di musim 1972. Rekor tersebut dipecahkan Lewis Hamilton pada musim balap 2008 dan kemudian dipecahkan lagi oleh Sebastian Vettel di musim 2010. Alonso juga sempat menjadi pembalap termuda yang pernah menjuarai grand prix dan meraih pole position, masing-masing pada seri GP Hungaria 2003 dan GP Malaysia 2003, sebelum dipecahkan oleh Sebastian Vettel pada GP Italia 2008. Ia juga merupakan juara dunia F1 yang pertama dari Spanyol.

Alonso mulai membalap dengan gokart pada umur 3 tahun. Ia lalu menjuarai kejuaraan gokart Spanyol pada tahun 1994-1997, dan sempat menjadi juara dunia gokart pada tahun 1996. Ia kemudian memulai debutnya di ajang balap F1 pada musim 2001 bersama tim Minardi, dan kemudian pindah ke tim Renault sebagai test driver pada tahun berikutnya. Mulai musim 2003 Alonso kemudian “naik kelas” menjadi pembalap utama tim asal Perancis tersebut. Setelah sempat “singgah” di tim McLaren pada musim 2007, Alonso kemudian kembali ke Renault selama dua musim pada 2008-2009, dan sejak musim 2010 Alonso kemudian memperkuat tim Italia, Scuderia Ferrari.

Kepandaian Alonso dalam mengolah strategi balapan, kepiawaiannya menaklukan trek basah dan kemampuannya dalam membangun serta menggeber mobil sampai batas maksimal sekalipun mobil tersebut secara spek kurang cepat dari para kompetitornya telah menempatkan Alonso sebagai salah satu pembalap terbaik yang pernah ada di arena Formula Satu era modern.

Ayahnya Fernando Alonso Diaz bernama Jose Luiz Alonso, bekerja sebagai mekanik bengkel, yang juga sesekali bekerja di sebuah pertambangan. Sementara ibunya, Ana Maria, bekerja sebagai kasir di sebuah supermarket. Alonso merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Sejak kecil, Fernando Alonso telah mengetahui seluk beluk dunia balap. Ia mendapatkan gokart pertamanya pada usia tiga tahun. Sebenarnya tadinya ayah Alonso akan memberikan gokart tersebut untuk sang kakak yaitu Lorena, namun karena kakak Alonso adalah seorang perempuan, maka ia dengan halus menolaknya. Ia kemudian memberikan gokart pemberian ayahnya tersebut kepada Fernando.

Fernando kecil besar dan belajar dalam kesederhanaan. Meskipun begitu, ia tetap tidak melupakannya hingga saat ini. Ia jauh dari derasnya gemerlap dunia selebritis, atau kehidupan malam. Pada tahun 1998, di usia 17 tahun, ia memutuskan untuk pindah ke Inggris. Di sana ia tinggal di dekat kawasan Universitas Oxford, bersama beberapa temannya yang juga asal Spanyol. Bersama teman-temannya, Alonso sering menghabiskan waktu dengan bercengkrama dan bermain komputer. Alasan Alonso pindah ke Inggris adalah karena ia menginginkan suasana kondisi lingkungan yang tenang dan jauh dari hingar bingar media.

Tahun 2005, setelah ia memastikan diri sebagai juara dunia F1, Fernando Alonso kemudian memutuskan untuk pindah ke Swiss. Di sana ia bertetangga dengan Kimi Räikkönen dan Felipe Massa. Di kalangan paddock F1, Alonso adalah seorang jagoan permainan kartu poker. Teman main pokernya di paddock F1 adalah Robert Kubica dan Giancarlo Fisichella. Alonso menikah dengan Raquel del Rosario, yang merupakan vokalis dari grup band asal Spanyol, El Sueño de Morfeo. Pernikahan mereka dilakukan tanggal 17 November 2006 di Spanyol. Pada bulan Desember 2011 pasangan ini kemudian memutuskan untuk bercerai dengan alasan Alonso ingin lebih berkonsentrasi kepada Ferrari sementara Raquel ingin mengejar karier menyanyinya menuju Amerika Serikat.

Tahun 2006, Fernando Alonso kembali menjadi juara dunia F1 untuk yang kedua kali.

Pada awal tahun 2011 sesaat sebelum bergulirnya musim balap F1 di tahun tersebut, Fernando Alonso berinisiatif mendirikan sebuah kompleks olahraga dan museum di kota Oviedo. Kompleks olahraga ini didirikan di atas lahan seluas 2.500 meter persegi dan dilengkapi dengan sebuah trek gokart sepanjang 1,3 km yang beberapa tikungannya meniru layout yang sudah ada di sirkuit sungguhan seperti Suzuka dan Valencia. Alonso berharap dengan dana yang ia miliki yaitu dari penghasilannya sebagai pembalap F1, dirinya berkeinginan untuk mengembangkan kompleks olahraganya ini menjadi salah satu kompleks olahraga terbaik di dunia, khususnya untuk trek gokart-nya.
(Wikipedia.org)

Lazada Indonesia