Indonesian Idol merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Indonesian Idol telah menjadi acara realitas terbesar di Indonesia. Acara ini diadopsi dari Pop Idol (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Musim pertama diadakan pada tahun 2004.

Dimusim pertama terpilih 11 orang finalis. Album kompilasi finalis dimusim ini adalah Indonesian Idol: Indonesian All-Time Hits. Dengan lagu andalan Ekspresi.

Joy terpilih sebagai juara Indonesian Idol yang pertama, dengan lagu kemenangan Karena Cinta ciptaan Glenn Fredly. Karena satu hal, kemenangan Joy dibatalkan dan gelar juara Indonesian Idol yang pertama jatuh pada Delon sang runner-up.

JoyDestinyTobing

Joy Tobing

Joy Destiny Tiurma Tobing (lahir di Jakarta, 20 Maret 1980) adalah pemenang Indonesian Idol yang pertama dan juga seorang penyanyi rohani Kristen.

Di babak final, Joy mengalahkan Delon Thamrin. Tak lama setelah menjuarai Idol, Joy kemudian memutuskan kontraknya dengan Fremantle setelah adanya masalah di antara kedua pihak.

Joy memiliki 2 adik yaitu Jeffry Tobing dan Jelita Tobing. Jelita Tobing pernah mengikuti Akademi Fantasi Indosiar.
Joy menikah dengan Daniel Sinambela. Tanggal 7 Februari 2011 Joy melahirkan anak laki-lakinya, Joshua Miracle Hati Goran Bonagabe Sinambela.

DelonThamrin

Delon Thamrin

Stanislaus Alexander Liauw Delon Thamrin, lebih dikenal sebagai Delon Thamrin (lahir di Jakarta, 20 Mei 1978) adalah seorang penyanyi Indonesia yang merupakan runner-up Indonesian Idol musim pertama (2004). Delon mempunyai latar belakang sebagai wedding singer. Ia menggemari Josh Groban, seorang penyanyi asal Amerika Serikat. Delon adalah seorang Kristen.

Debut akting Delon dimulai dengan membintangi film layar lebar berjudul Vina Bilang Cinta (2005) yang meraih prestasi cukup lumayan di box office Indonesia. Dalam film ini ia beradu akting dengan aktris peraih Piala Citra FFI 2005, Rachel Maryam.

Di putaran akhir final Indonesian Idol musim pertama Delon banyak melantunkan lagu-lagu balad romantis. Perjalanannya menuju babak puncak ini disertai kontroversi bahwa ia terus melaju hanya karena wajahnya yang menarik serta latar belakang hidupnya yang mengundang simpati dari masyarakat, media banyak mengekspos bahwa Ibu Delon mengidap penyakit jantung dan Delon bekerja keras untuk mendapatkan biaya pengobatannya.

Delon juga sering dikritik kurang mampu menyanyikan lagu bertempo tinggi. Namun popularitas Delon terus meningkat dan tetap mendapat dukungan penggemar-penggemar setianya yang disebut Deloners, dan terus melaju sampai babak puncak.

Meskipun kalah tipis dalam perhitungan suara akhir yang menentukan pemenang Indonesian Idol, yang dimenangkan oleh Joy Tobing, Delon dinobatkan menjadi Indonesian Idol beberapa bulan kemudian. Hal ini dikarenakan Joy Tobing memutuskan untuk keluar dari manajemen artis IP (Indomugi Pratama) sebagai pihak manajemen yang ditunjuk oleh FreMantle Media selaku pemegang brand Indonesian Idol bersama dengan RCTI, BMG dan IP Manajemen.

Lagu “Karena Cinta” yang diciptakan oleh Glenn Fredly khusus untuk pemenang Indonesian Idol yang dibawakan pada saat pertunjukan final, akhirnya dirilis oleh Perusahaan rekaman BMG ke dalam album Delon. Pada malam result show Delon membawakan lagu “The Prayer”.

Setelah Indonesian Idol, Delon pun banyak membintangi iklan, bermain sinetron, dan layar perak.

Delon juga telah merilis album bersama salah satu penyanyi dari Jepang dengan lagu hits “Kokoro no Tomo”. Beberapa komunitas Masyarakat Indonesia yang bermukim di Luar Negeri, mereka mengundang Delon untuk mengisi acara kharitas dan keagamaan, seperti Singapura, Kanada, Seattle (Amerika Serikat), Jepang dan Australia.
(Wikipedia.org)

Lazada Indonesia