band-wali

Wali adalah grup musik asal Ciputat, Tangerang Selatan. Grup musik ini dibentuk pada tahun 1999. Anggotanya berjumlah 5 orang yaitu Faank (vokal), Apoy (gitar), Tomi (drum), Ovie (keyboardist), dan Nunu (bass). Semua personel band ini adalah lulusan pesantren dan sebagian merupakan alumnus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Album pertamanya ialah Orang Bilang yang dirilis pada tahun 2008. Band ini umumnya ber-genre lokal pop kreatif total dengan sedikit sentuhan irama melayu dalam lagu-lagu mereka. Lagu hit dalam album ini adalah Dik dan Egokah Aku yang menggunakan Shireen Sungkar sebagai model video klip. Lagu Dik yang merupakan andalan dengan memasukkan unsur pop cinta itu, tercatat berhasil menjadi RBT (ring back tone) bagi 1 juta pemilik telepon selular hingga pertengahan Mei 2008. Ini menjadi barometer kesuksesan grup yang beranggotakan 5 pria itu.
Sukses dengan album perdana, Wali segera merilis album keduanya yang sebagian besar diciptakan oleh Apoy. Sebelumnya, Wali telah merilis single jagoan dari album terbarunya, Cari Jodoh. Bahkan berkat RBT single Cari Jodoh ini, Wali mendapat hadiah umroh dari labelnya, Nagaswara.
Dalam momen Ramadhan 1430 Hijriah (Agustus-September 2009), Wali juga mengeluarkan single religi yang berjudul Mari Sholawat. Setelah merilis album kedua, sang basis, Nunu memutuskan untuk mengundurkan diri dan dikabarkan tengah mengerjakan proyek di bawah bimbingan basis Dewa 19, Yuke Sampurna.

Wali Band adalah grup musik bergenre Lokal Pop Kreatif yang dibentuk pada 31 Oktober 1999 dengan nama Fierra. Band ini personil awalnya terdiri dari Faank (vokal), Apoy (gitar), Tomi (drum), Ovie (keyboard & synt), dan Nunu (bass). Namun di pertengahan tahun 2009 Nunu, sang pembetot bas menyatakan keluar, tidak diketahui alasan pasti Nunu keluar namun isu yang beredar mengatakan bahwa terjadi keselisihan paham antara Nunu dan Faank tetapi berita itu langsung ditepis oleh Faank. Saat ini Nunu diberitakan sedang mengerjakan projek bersama Yuke Sampurna.

Faank_Wali

Faank

Farhan Zainal Muttaqin atau dikenal sebagai Faank Wali (lahir di Sukabumi, Indonesia, 23 Mei 1979) merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia yang juga merupakan vokalis dari grup musik Wali.

Vokalis grup band yang berdiri 31 Oktober 1999 ini telah menikah. Namun kabar tak sedap berhembus di pertengahan Agustus 2008 bahwa alumnus pondok pesantren La Tanza Sukabumi ini mengaku single dan akan menikahi mantan murid musik dan sekaligus penggemarnya Anisa Cahya alias Caca. Meski kemudian ibu mertuanya, Hj. Astuti menyatakan bahwa sebagai public figure, gosip yang menimpa menantunya itu sangat wajar.

Apoy_Wali

Apoy

Aan Kurnia atau dikenal sebagai Apoy Wali (lahir di Jakarta, Indonesia, 8 Maret 1979) merupakan seorang musisi berkebangsaan Indonesia yang juga merupakan gitaris dari grup musik Wali.

Setiap band yang kekurangan anggota pasti akan mencari additional player untuk melengkapi aksi panggung mereka. Pada saat band netral ditinggalkan dua personelnya, mereka kemudian meminta Apoy untuk menjadi gitaris pengganti bagi band tersebut. Apoy hanya sebentar saja bergabung menjadi additional player di band yang terkenal dengan lagunya yang berjudul Garuda Di Dadaku itu. Dan sempat terlibat dalam pengerjaan album “Oke Deh” pada tahun 2001 lalu.

Apoy kemudian meninggalkan netral, setelah grup yang digawangi Bagus dan Eno menemukan gitaris tetap yaitu Christopher Bollemeyer alias Coki (mantan gitaris Base Jam) setelah berganti-ganti additional player dan sejak ditinggalkan Ricky Dayandani alias Miten sejak tahun 1999 lalu.

Tomi_Wali

Tomi

Ihsan Bustomi atau dikenal sebagai Tomi Wali (lahir di Jakarta, Indonesia, 30 Januari 1984) merupakan seorang musisi berkebangsaan Indonesia yang juga merupakan drummer dari grup musik Wali.

Ovie_Wali

Ovie

Hamzah Shopi atau dikenal sebagai Ovie Wali (lahir di Bogor, Indonesia, 3 November 1985) merupakan seorang musisi berkebangsaan Indonesia yang juga merupakan keyboard dari grup musik Wali.

(Wikipedia.org)