Andrea-Dovizioso

Andrea Dovizioso (lahir di Forli, Italia, 23 Maret 1986) merupakan seorang pembalap MotoGP asal Italia. Saat ini ia bergabung dengan tim Ducati dan ia merupakan juara dunia kelas 125cc tahun 2004. Bakat membalap Davizioso mulai terlihat kilaunya saat baru berusia 15 tahun, kala itu dia menjuarai European Championship 125cc serta menjalani Kejuaraan Dunia pertamanya Mugello, yang sayangnya berakhir dengan DNF.

Memasuki tahun 2002 dia bergabung dengan Team Scot Honda di kelas 125cc dan finis di posisi 16. Hasil terbaiknya pada tahun tersebut adalah dua kali finis di posisi sembilan di Le Mans dan Donington. Setelah duduk di posisi lima semusim berselang, Davizioso tampil sebagai juara dunia pada tahun 2004 dengan poin yang dikumpulkan di akhir musim berjumlah 293.

Beralih ke 250cc pada tahun 2005 ternyata juga merupakan keputusan tepat bagi Dovizioso karena nasib baik masih menaunginya, meski tidak mampu menjadi juara. Bergabung bersama Honda dia dua kali menjadi runner up dan sekali duduk di posisi tiga klasemen akhir.

Musim 2008 ia beralih ke kelas MotoGP bersama tim JiR Honda Scot. Dan musim 2009 ia hengkang ke tim pabrikan Honda, Repsol Honda. Tim Repsol Honda tidak memperpanjang kontraknya untuk tahun 2012.

Mulai musim 2012 ia hengkang ke Monster Yamaha Tech 3 bersama Cal Crutchlow.

Musim 2013, seiring hengkangnya Valentino Rossi dari Ducati dan kembali ke Yamaha Factory Racing, Dovizioso bergabung dengan Ducati.

Pada musim 2014, Dovizioso berhasil naik podium dua kali yaitu di America menduduki posisi ke tiga. Dan pada seri Assen berhasil mencapai posisi kedua dibawah Marc Marquez dan diatas Dani Pedrosa.

Pada tahun 2015 masih bersama Ducati secara mengejutkan mampu naik podium dari pertama secara berturut-turut diposisi kedua sebanyak tiga kali yaitu seri Qatar, America dan Argentina. Kemudian pada seri France menduduki posisi ketiga dibawah Valientino Rossi dan Jorge Lorenzo.