Karel-Abraham

Karel Abraham (lahir di Brno, Cekoslowakia, 2 Januari 1990). Dia berkompetisi di Moto2 World Championship pada tahun 2010. Abraham dan tim Cardion AB akan naik ke kelas MotoGP mengendarai sebuah Ducati. Kritik kepada Abraham “membayar” lajunya ke MotoGP yang tidak pernah menjadi pembalap depan Moto2. Abraham merebut podium ke-3 di Twin Ring Motegi dan dia memenangi seri penutup Moto2 dengan posisi pertama di seri Valencian Grand Prix.

Karel adalah putra dari Abraham Sr, pemilik sirkuit Brno dan pemilik perusahaan Cardion di Republik Ceko. Karier Karel pun disebut-sebut hanya melewati jalan pintas karena didapat dari pengaruh nama besar ayahnya, seperti ketika perusahaan Cardion dengan sengaja membuat dan mensponsori sebuah tim balap bernama Cardion AB demi menunjang cita-cita membalap Karel.

Debut pembalap Karel diawalinya di kelas 125cc pada tahun 2005. Selama dua musim di kejuaraan tersebut, Karel sama sekali tidak mampu menunjukkan performa yang memuaskan. Meski demikian, ia dengan mudah naik kelas 250cc di tahun 2007-2009. Di sepanjang musim kelas 250cc, Karel juga sering gagal meraih poin dan selalu berada di urutan buncit. Pada 2010, Karel mencoba mengikuti kejuaraan Moto2 dengan mesin 600cc. Prestasinya cukup baik dengan mencapai posisi ke-3 di salah satu grand prix di Motegi. Selain itu, ia pun mampu menjadi juara pada GP Valencia yang merupakan menjadi seri terbaiknya di musim 2010.

Pada tahun 2011, Karel memutuskan untuk naik ke kelas raja balap motor dunia, motoGP. Kepindahan Karel menuai berbagai kritik pedas yang menilai bahwa ia sesungguhnya belum cukup matang dan pantas untuk ikut bersaing dalam kejuaraan motoGP. Pembalap yang masih tercatat sebagai mahasiswa hukum University of Brno ini menggandeng Ducati untuk debutnya di motoGP. Banyak pengamat motoGP yang beranggapan bahwa Karel seolah “membeli” kursi di motoGP karena Ducati memang dikenal sebagai pabrik yang sengaja menawarkan dan mengkomersilkan motornya bagi pembalap manapun yang mampu membayarnya dengan harga tinggi. Karel yang seorang putra dari konglomerat Republik Ceko ini pun tidak membuang kesempatannya untuk langsung turun di motoGP dengan Ducati.

Debut Karel di motoGP pada musim 2011 cukup memuaskan, dimana beberapa kali ia sempat menjadi pembalap tercepat Ducati dibanding dengan pembalap Ducati lainnya, seperti Valentino Rossi. Pembalap termuda di kelas motoGP tahun 2011 ini kian optimis untuk melaju dalam seri berikutnya dan siap membuktikan bahwa ia mampu berlaga di ajang motoGP tanpa mendompleng kekayaan maupun nama besar ayahnya.