Laila_Ali

Laila Amaria Ali (lahir 30 Desember 1977) adalah seorang mantan Petinju asal Amerika Serikat. Dia lahir dari pasangan Muhammad Ali dan istri ketiganya, Veronica Ali, serta merupakan putri bungsu Ali.

Dia mengikuti jejak ayahnya sebagai seorang petinju. Dia memulai karier sebagai Petinju pada umur 15 tahun dan masuk kelas Super middleweight 72,5 kg.

Laila Ali tercatat namanya di Kelas Super Middleweight Champions oleh IBA pada tahun 2002 dan super Champions kelas menengah oleh IWBA.

Laila juga menulis sebuah buku motivasi berjudul Reach! Dia menulis buku dalam upaya untuk membantu perempuan muda yang mungkin perlu terinspirasi dalam hidup; menggunakan pengalaman dan tantangan sendiri sebagai contoh untuk pembacanya.

Laila, seorang pengusaha multi-talented, memiliki dan mengoperasikan salon kuku di California sebelum memasuki profesi tinju. Dia telah mendapatkan gelar dalam Manajemen Bisnis di Santa Monica College, tapi setelah menonton tinju perempuan di televisi untuk pertama kalinya, dia langsung ingin melangkah di atas ring.

Sekitar setahun kemudian, ia menjual usahanya dan mulai pelatihan untuk menjadi seorang petinju profesional.

Laila memulai debut tinju profesionalnya pada tanggal 8 Oktober 1999, dan rekor terbaiknya adalah ketika dia mengalahkan lawannya, April Fowler, 31 detik pada ronde 1.

Laila pensiun dari tinju sebagai petinju wanita tak terkalahkan dalam kelas super menengah tinju dunia (Super Middleweight Boxing Champion) dengan rekor 24-0, dengan 21 KO.

Dalam pertarungan terakhirnya, pada 3 Februari 2007, Laila mengalahkan lawannya, Gwendolyn O’Neal, hanya dalam 56 detik. Pertarungan tersebut diselenggarakan di Johannesburg, Afrika Selatan, dihadiri oleh Nelson Mandela, salah seorang teman lama dari keluarganya.