Sammo-Hung



Sammo Hung (lahir di Hong Kong, 7 Januari 1952) adalah seorang pemeran, produser dan sutradara film laga Hong Kong yang cukup dikenal akan hasil kerja dalam bidang seni bela diri Cina (kung-fu) dan dunia perfilman di Hong Kong. Ia pernah menjadi koreografi pertarungan untuk beberapa orang terkenal, seperti, Bruce Lee, Jackie Chan, King Hu, Stephen Chow dan John Woo.

Hung adalah tokoh yang sangat penting yang membawa gelombang perubahan baru di Hong Kong pada tahun 1980an, membantu perkembangan seni bela diri dan memulai Jiang Shi genre (mayat penghisap darah).

Di Asia Tengggara, sudah umum terjadi dilakukan pemanggilan tertentu kepada orang yang lebih tua, yang juga dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat dan rasa kekeluargaan. Jackie Chan, misalnya, seringkali dipanggil dengan sebutan “Dai Goh”, yang artinya “Saudara Tua”. Hung juga dikenal sebagai “Dai Goh”, sampai pembuatan film Project A, yang menampilkan kedua aktor terkenal tersebut. Karena Hung adalah yang tertua di antara mereka, kung fu “brothers”, dan yang pertama kali terkenal di dnia perfilman, maka ia mendapatkan nama julukan baru, “Dai Goh Dai”, yang artinya, Saudara Tertua atau Saudara yang Tertua.

Istri pertama Sammo Hung adalah Jo Yun Ok (m. 1973–1994) dan Istri kedua adalah Joyce Godenzi (m. 1995). Sammo Hung mempunyai anak yaitu Timmy Hung (Hung Tin Ming), Jimmy Hung (Hung Tin Cheung), Sammy Hung (Hung Tin Chiu), Stephanie Hung (Hung Chao Yu).
(wikipedia.org)