D'Bagindas-1



Bagindas (dahulu D’Bagindas) adalah sebuah grup musik Indonesia yang beranggotakan Andra pada vokal dan Michael Christian atau Mike pada gitar.

Grup musik ini diawali dari ide Tile yang telah mendengar lagu ciptaan Mike yang dianggapnya brilian. Oleh karena ini, keduanya mengajak Dandy untuk membentuk grup musik baru, meski harus beralih dari grup musik beraliran metal ke pop Melayu.

Mike yang mencipta lagu sekaligus menyanyi merasa menyerah dan mencoba mencari vokalis untuk grup musik mereka. Dari sini, mereka menemukan Bian finalis dangdut, pria asal Malang yang didaulat sebagai vokalis dengan karakter vokal pop Melayu.

Untuk album pertama mereka, D’Bagindas menyiapkan 12 lagu dengan lagu Apa Yang Terjadi yang diambil sebagai singel pertama sebagai judul albumnya. Grup musik ini mengusung dan menggabungkan beberapa aliran yaitu dangdut, keroncong, blues, dan country.

Video klip untuk singel pertama mereka disutradarai oleh Abimael Gandy dengan rumah susun Tanah Abang sebagai lokasi syutingnya.

Setelah sukses dengan singel pertama, mereka pun merilis singel kedua berjudul C.I.N.T.A. Dengan menonjolkan musik yang lebih pelan, pengulangan beberapa kata, dan pengejaan, lagu ini pun laris dalam pemasaran.

Beberapa lagu lain seperti Tak Seindah Malam Kemarin dan Kangen juga berasal dari ide dan pengalaman Mike, dan dihadirkan dengan aransemen sederhana dan bernuansa Melayu yang kental.

Nama D’Bagindas sendiri digunakan secara tidak sengaja untuk penamaan grup musik ini. Pada awalnya, grup musik ini bernama Violin. Nama D’Bagindas didapat dari salah seorang teman yang mengubah folder lagu rekaman mereka dalam komputer. D’Bagindas berarti baginda atau raja.

Lama tak terdengar kabarnya, grup band D’Bagindas ternyata merombak formasi baru pada personelnya. Bahkan, tak hanya personelnya saja, grup musik tersebut juga telah melakukan perganti nama.

Band yang semula bernama D’Bagindas kini resmi merubah namanya menjadi Bagindas. Bagindas hanya terdiri dari dua orang personel yakni Mike (gitar/backing vokal), dan Andra (vokal). Ketika memutuskan untuk merubah nama dan formasi personel, Mike membantah telah terjadi konflik internal diantara mereka. Untuk sekarang, Bagindas sedang mempersiapkan single pasca mereka meluncurkan sebuah lagu berjudul 100% Cintaku. Adapun lagu yang baru saja dirilis Bagindas bertema cinta.

Untuk genre musik, Bagindas memilih konsep rock ‘n roll. Meski begitu, Mike tetap menambahkan nuansa melayu dalam karya-karyanya nanti. Andra memiliki karakter suara lebih bass dari vokalis sebelumnya Bian.

(Wikipedia.org)