Cemen_Musdalifah_dan_Ephi

Stand Up Comedy Academy adalah suatu ajang kompetisi stand up comedy yang ditayangkan di indosiar. Stand Up Comedy mulai tayang 5 Oktober 2015. Peserta Stand Up Comedy Academy dikenal dengan komika. Berbeda dengan ajang-ajang yang lain, karena format eliminasi/gantung mik Stand Up Comedy Academy ditentukan oleh juri.

Tiga komika terbaik dalam akan bersaing ketat dalam grand final Stand Up Comedy Academy (SUCA) Indonesiar 2015 pada Jumat (13/11/2015). Mereka adalah Cemen asal Brebes, Musdalifah asal Pinrang, dan Ephi asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Nama mereka lolos setelah melewati babak 4 besar yang juga tampil komika Yudha Keling pada Rabu (11/11/2015).

Sebenarnya, tak hanya Yudha Keling masuk posisi tidak aman karena nilainya paling rendah, tapi juga Musdalifah. Namun, juri lebih memilih Musdalifah karena menurut juri penampilan Yudha kurang bersemangat dan kurang ekpresif.Hal itu yang membuat Yudha harus gantung mic.

Proses panjang Stand Up Comedy Academy Indosiar telah sampai pada puncaknya. Ditayangkan oleh Indosiar pada tanggal 13 November 2015.

Cemen-SUCA1

Cemen dari Cikarang berhasil keluar sebagai pemenang, dengan keberhasilannya itu ia mendapatkan hadiah sebesar Rp 100 juta, dan resmi menorehkan sejarah sebagai pemenang pertama Stand Up Comedy Academy Indosiar 2015.

Cemen alias Chrismanto Eka Prastio. Apabila dilihat dari segi penyampaian bisa dibilang sangat berbobot dan sangat oke grrrr parah berantakannya.

Sebelum merengkuh juara tersebut, Cemen mendapatkan kejutan dari idolanya, Zaskia Gotik.

Tanpa sepengetahuan Cemen, Si Goyang Itik naik ke atas panggung untuk menemui Cemen. Ketika itu, dua finalis yang lain, Musdalifah dan Ephy sedang melewati tantangan TTS atau tekhnik stand up. Ketika jatah Cemen melewati tantangan, ia pun kedatangan Zaskia gotik.

Sontak wajah senang bercampur gerogi terlihat jelas di raut wajah Cemen. “Ini aku nyempetin ke sini buat kamu. Doa aku kamu menang dan Cikarang namanya terangkat,” ujar Zaskia. Seperti diketahui, Cemen dan Zaskia sama-sama tinggal di Cikarang.

Setelah mendoakan Cemen, giliran Cemen yang mendoakan Zaskia. Dalam kesempatan itu, Cemen memegang tangan Zaskia. Namun aksi itu jadi tertawaan Soimah karena warna kulit Cemen dan Zaskia berbeda 180 derajat. “Kayak capucino,” celetuk Gading Marten.

Tanpa basa basi, Zaskia kemudian mengambil ponselnya dan menjadi pengikut Cemen di Instagram. Setelah foto bersama, Cemen pun mendapat ciuman hangat dari Zaskia Gotik. Sontak setelah mendapatkan kecupan dari Zaskia, Cemen pun langsung sujud sukur dan berjoget-joget di atas panggung.

Ephy-SUCA1

 

 

Sedangkan yang lain, Ephy dari NTT berhasil mendapatkan posisi kedua dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta.

 

 

Musdalifah-SUCA1

 

Disusul juara ketiga Musdalifah. Ia berhasil menduduki posisi ketiga dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 25 juta.