Tyson_fury

Tyson Fury Lukas (lahir 12 Agustus 1988) adalah seorang petinju profesional Inggris yang berjuang di kelas berat. Pada 29 November 2015, ia mengalahkan Wladimir Klitschko untuk menjadi WBA (Super), IBF, WBO, dan IBO.

Setelah pada awalnya ditolak kesempatan untuk memperjuangkan Irlandia di Olimpiade, ia diizinkan untuk mewakili keduanya yaitu Inggris dan Irlandia setelah menelusuri silsilah keluarganya ke kerabat di Belfast. Fury telah mewakili dua negara Inggris dan Irlandia sebagai amatir, memenangkan kejuaraan ABA pada 2008 sebelum beralih profesional akhir tahun itu. Saat ini tak terkalahkan, ia adalah dua kali juara Inggris dan bahasa Inggris, mantan Eropa, Persemakmuran dan juara kelas berat Irlandia, serta mantan juara kelas berat WBO Inter-Continental dan WBO Internasional.

Lahir dan dibesarkan di Manchester, Inggris, Fury dilahirkan dalam sebuah keluarga Irlandia. Kakek dari pihak ayahnya adalah dari Tuam, County Galway, yang juga merupakan tempat kelahiran ayahnya John Fury. Nenek dari pihak ibu-Nya adalah dari County Tipperary dan ibunya lahir di Belfast. Keluarganya memiliki sejarah panjang dalam tinju, ayahnya berkompetisi pada 1980-an sebagai “Gypsy” John Fury, awalnya sebagai sebuah bare- knuckle tempur dan petinju tanpa izin, dan kemudian sebagai petinju profesional. Dia adalah sepupu dari Irlandia WBO kelas menengah Juara Dunia Andy Lee dan kelas berat Hughie Fury ayah Hughie, Peter Fury, juga pelatih Tyson. Ayahnya menamainya “Tyson” setelah melihat juara kelas berat dunia Mike Tyson.

Fury dan istrinya Paris menikah pada tahun 2009.