dacademy_asia_1

D’Academy Asia (Musim 1) adalah suatu ajang kompetisi menyanyi dangdut musim pertama dari D’Academy Asia yang diikuti oleh peserta dari beberapa negara di Asia yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Acara ini disiarkan secara langsung di Indosiar dan live streaming di Vidio.com. Lagu yang dibawakan peserta di kompetisi ini bergenre dangdut dan melayu. Acara ini mulai tayang perdana pada tanggal 16 November 2015 dan berakhir pada tanggal 29 Desember 2015. Pemenangnya adalah Danang dari Indonesia, tempat kedua adalah Lesti dari Indonesia, dan tempat ketiga adalah Shiha Zikir dari Malaysia. Pemenangnya dua dari Indonesia dan satu dari Malaysia.

Pemenang pada musim ini Danang dan Lesti Andryani dari Indonesia mendapatkan lagu kemenangan dari Pak Ngah. Danang mendapatkan lagu kemenangan bergenre dangdut melayu dengan sedikit unsur pop dan mendapatkan tritmen pembuatan video klip di 4 negara bersama Trinity Optima Production. Sedangkan Lesti mendapatkan lagu bergenre dangut melayu berjudul Zapin Melayu dengan label yang sama. Untuk Shiha Zikir dari Malaysia juga mendapatkan single dari Pak Ngah, namun sampai saat ini belum terwujud. Namun dia juga berhasil merilis single pop berjudul Seperti Novel Cinta besama label Warner Music Group negara Malaysia.

Sistem penjurian dalam ajang ini melalui penilaian dewan juri yang dihubungi satu-persatu dari Indonesia. Dewan juri tersebut berasal dari 4 negara yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura. Setiap peserta diberi kesempatan untuk tampil dua kali pada tanggal yang ditentukan dan ke-esokan harinya yakni di konser result. Masing-masing peserta harus mengumpulkan nilai pada konser pertama dan result yang kemudian akan diakumulasikan pada konser result. Peserta yang memiliki skor paling rendah akan tersenggol. Kecuali di babak wild card, karena pada babak wild card yang menentukan siapa yang akan masuk ke babak selanjutnya adalah komentator yang masing-masing memeberikan lampu merah atau hijau. Dan peserta yang mendapatkan lampu hijau terbanyak, berarti dialah yang masuk ke babak selanjutnya.

danang_da_2

Juara Pertama : Danang Pradana Dieva

Danang Pradana Dieva atau lebih dikenal dengan nama Danang Banyuwangi (lahir di Banyuwangi, 23 April 1991) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Kemampuannya bernyanyi sangatlah bagus karena pria ini memiliki range vocal yang cukup luas. dia tidak hanya bisa bernyanyi dangdut, tapi juga semua jenis genre seperti keroncong, jazz, pop dll. Dan bahkan ia bisa bernyanyi dengan menggunakan suara wanita dan dia juga memiliki falset yang sangat mumpuni. Berkat kepintarannya mengaransemen dan mengimprovisasi lagu menjadi berbeda dari lagu aslinya Danang mendapat julukan yaitu “Jenius of Dangdut”. Setelah di nobatkan sebagai runner up D’Academy 2, Danang baru saja mengeluarkan single terbarunya yang berjudul “Bunga Surgawi” ciptaan Adibal. Danang sudah mengikuti audisi sampai 7 kali tetapi Danang selalu kalah karena kurangnya sms. Namun berkat kegigihannya, kerja keras Danang membuahkan hasil. Ia menjadi Juara pertama D’Academy Asia, unggul 2 poin dari lawannya, Lesti yang merupakan Juara 1 D Academy season 1 dan saat ini danang sedang promosi single kemenangannya yang berjudul bidadari jiwa cipt.pak ngah komposer malaysia.sejak menjuarai D’academy asia danang diken sebagai penyanyi dangdut kontemporer karena danang telah memasukkan beberapa unsur genre kedalam musik dangdut dan membuat dangdut naik kelevel asia.

(Wikipedia.org)