wawanyoga

Hernawan Yoga Pratomo (lahir di Bekasi, Indonesia , 18 April 1986) adalah seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Pria yang akrab disapa Yoga atau Wawan ini adalah salah satu komika jebolan komunitas Stand Up Indo Bekasi, komunitas yang juga menghasilkan komika-komika berbakat nasional. Wawan juga merupakan salah satu finalis kompetisi Stand Up Comedy Academy musim kedua (SUCA 2) yang diadakan oleh Indosiar, yang lolos lewat audisi di Jakarta.

Wawan sendiri sebenarnya adalah orang asli Jawa karena kedua orang tuanya berasal dari sana, namun ia lahir dan besar di Bekasi. Meskipun begitu ia pernah kuliah di Jawa, tepatnya di Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta jurusan Manajemen dan lulus di tahun 2012. Kiprah Wawan di stand up comedy tidaklah mudah, karena meski telah memulai open mic sejak 2011 ia baru dikenal sejak tampil sebagai komika pengisi acara Stand Up Fest 2014.

Sebagaimana komika Bekasi kebanyakan, Wawan sendiri dikenal dengan gaya penyampaian materinya yang sedikit nyablak. Tapi di balik itu, Wawan sendiri juga dikenal dengan teknik observasi nya yang mengangkat hal yang sederhana dan sepele bisa menjadi sebuah materi komedi yang tidak hanya segar namun lucu. Didukung dengan pembawaannya yang berkharisma dengan gaya nyablak nya inilah Wawan kemudian menjadi salah satu komika SUCA 2 yang perlahan mulai diperhitungkan. Di SUCA 2, Wawan dimentori oleh Daned Gustama yang juga merupakan seniornya di komunitas Stand Up Indo Bekasi. Meskipun awalnya diprediksi akan keluar lebih awal dari kompetisi, Wawan mampu tampil lepas dan konsisten. Tidak tanggung-tanggung, ayah satu anak yang pernah bekerja sebagai Teller di sebuah bank ini akhirnya mampu mencapai babak grand final SUCA 2 dan menjadi satu-satunya grand finalis pria di SUCA 2. Namun Wawan kurang maksimal di awal penampilannya sehingga ia hanya meraih juara ketiga kompetisi.

(Wikipedia.org)