Rooney1

Wayne Mark Rooney (lahir 24 Oktober 1985) adalah seorang pemain sepak bola Inggris yang berposisi sebagai penyerang. Ia saat ini bermain di Manchester United dan tim nasional Inggris.

Rooney lahir di Croxteth, Liverpool dari pasangan Jeanette Marie (née Morrey) dan Thomas Wayne Rooney. Dia adalah dari keturunan Irlandia dan dibesarkan sebagai seorang Katolik Roma dengan adik yang bernama Graham dan John, ketiganya alumni dari sekolah dasar Our Lady dan St Swithin ‘s dan De La Salle Humaniora College. Ia dibesarkan dalam lingkungan yang mendukung tim Everton.

Pada saat berumur sembilan tahun, Rooney bergabung dengan tim muda dari Everton, dan ia membuat debut profesional pada tahun 2002 pada usia 16 tahun. Ia menghabiskan dua musim di klub Merseyside tersebut, sebelum pindah ke Manchester United seharga £ 25.600.000 di jendela transfer musim panas 2004. Pada tahun yang sama, Rooney memperoleh julukan “Wazza”. Sejak itu, dengan Rooney berada dalam tim, United telah memenangkan Liga Premier lima kali, Liga Champions sekali, Piala Dunia Antarklub FIFA sekali dan Piala Liga dua kali. Pada Maret 2014, Rooney mencetak gol ke-212 untuk United, membuatnya menjadi pencetak gol tertinggi ketiga sepanjang masa bagi klub.

Rooney membuat debut internasional senior pada tahun 2003, menjadi pemain termuda yang mewakili Inggris (rekor dipatahkan oleh Theo Walcott). Dia pernah menjadi pencetak gol termuda Inggris. Ia bermain di UEFA Euro 2004 dan mencetak empat gol, menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa. Rooney tampil di Piala Dunia 2006 dan 2010 dan secara luas dianggap sebagai pemain terbaik untuk negaranya. Dia telah memenangkan Inggris Player of the Year dua kali, tahun 2008 dan 2009. Pada Juni 2014, ia telah mengemas 95 caps internasional dan mencetak 40 gol, membuatnya menjadi pencetak gol kelima tertinggi Inggris dalam sejarah. Seiring dengan David Beckham, Rooney adalah pemain paling sering dikartu merah untuk Inggris, yang telah diterima sebanyak dua kali.

Pada 2009-10, Rooney dianugerahi PFA Players ‘Player of the Year dan FWA Footballer of the Year. Dia telah memenangkan penghargaan Premier League Player of the Month lima kali, rekornya berbagi dengan Steven Gerrard. Dia masuk nominasi kelima dalam pemungutan suara untuk 2011 FIFA Ballon d’Or dan masuk di FIFPro Dunia 11 untuk 2011. Rooney telah memenangkan ‘Gol of the Season’ penghargaan oleh BBC Match of the Day dari jajak pendapat pada tiga kesempatan, dengan tendangan sepeda melawan rival Manchester City dan memenangkan penghargaan ‘Gol Premier League of the 20 Seasons’. Sebuah laporan pada Maret 2011 tercatat Rooney sebagai pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi ketiga di dunia setelah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dengan pendapatan tahunan € 20.700.000 (£ 18 juta) termasuk penawaran dari sponsorship.

Rooney menjadi pemain termuda yang bermain untuk Inggris ketika dia mendapatkan caps pertamanya dalam pertandingan persahabatan melawan Australia pada 12 Februari 2003 saat berumur 17 tahun, usia yang sama di mana ia juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol Inggris. Youngster muda Arsenal, Theo Walcott memecahkan rekor penampilan Rooney, lebih muda 36 hari pada Mei 2006. Hal ini terjadi setelah Rooney mengabaikan seruan dari para pendukung Irlandia untuk bermain bagi Republik Irlandia, ia memenuhi syarat untuk bermain karena neneknya lahir di Irlandia.

Turnamen pertamanya adalah di Euro 2004, di mana ia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah kompetisi pada 17 Juni 2004, ketika ia mencetak dua gol melawan Swiss. Namun, catatan ini dipatahkan oleh gelandang Swiss Johan Vonlanthen empat hari kemudian.

Rooney dikartu merah di menit ke-62 dari perempat final karena injakan kepada bek Portugal Ricardo Carvalho saat keduanya berusaha untuk mendapatkan bola, sebuah insiden yang terjadi tepat di depan wasit Horacio Elizondo. Rekan setimnya di Manchester United, Cristiano Ronaldo secara terbuka memprotes tindakannya, dan Rooney berbelok mendorong. Elizondo mengirim Rooney keluar, setelah Ronaldo terlihat mengedipkan mata ke arah bench Portugal.

Selama Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, setelah Inggris bermain imbang dengan Aljazair, pemain Inggris dicemooh dari lapangan oleh pendukung. Rooney membuat komentar saat ia meninggalkan lapangan kepada kamera televisi dan mengatakan, “Senang melihat fans tuan rumah anda meneriakkan boo kepada anda, itu pendukung setia”. Dia kemudian meminta maaf atas komentar yang dibuat selama turnamen untuk Inggris yang kemudian tersingkir di putaran kedua.

Kualifikasi Euro 2012 berjalan dengan baik untuk Inggris, karena mereka memenuhi syarat dengan menempati klasmen pertama dari kelompok mereka, memenangkan lima dan tiga imbang dari delapan pertandingan. Rooney mencetak tiga gol, satu melawan Swiss dan dua melawan Bulgaria. Dalam kualifikasi terakhir melawan Montenegro (2-2), Rooney mendapat kartu merah karena menjegal Miodrag Džudović pada menit ke-74. Pada awalnya, diketahui bahwa Rooney akan absen setidaknya satu pertandingan di babak pembukaan tahap pertama di UEFA Euro 2012. Setelah pertandingan dengan Montenegro, Rooney mengirim surat pribadi kepada UEFA di mana ia meminta maaf dan menyatakan penyesalan karena menjegal Dzudovic yang membuatnya mendapatkan kartu merah.

Rooney mengakhiri kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 sebagai pencetak gol terbanyak Inggris dengan tujuh gol.

Rooney bertemu dengan istrinya, Coleen Rooney (McLoughlin née), saat keduanya berada di sekolah menengah. Mereka menikah pada 12 Juni 2008 setelah enam tahun berpacaran. Pasangan ini mengadakan upacara keagamaan di Biara Cervara, sebuah biara konversi dekat Genoa, meskipun diperingatkan oleh kantor uskup lokal terhadap rencana tersebut. Kantor uskup mengatakan kepada Rooneys bahwa La Cervara didekonsentrasi dan tidak cocok untuk pernikahan. Ini kemudian menyarankan di sebuah gereja yang berbeda, lima mil jauhnya. Namun, pasangan mengabaikan nasihat dan Bapa Edward Quinn, pendeta lokal mereka dari Croxteth, memimpin sebuah upacara dengan prosesi pertukaran cincin.

Istri Rooney, Coleen melahirkan anak laki-laki pada 2 November 2009. Anak kedua pasangan itu, anak laki-laki lain, lahir pada tanggal 21 Mei 2013.
(Wikipedia.org)