komputer

HP

Hewlett-Packard Company, dikenal umum sebagai HP, adalah salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar dunia. Hewlett-Packard dibangun oleh dua orang yang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard. Bermarkas besar di Palo Alto, California, Amerika Serikat, perusahaan ini memiliki keberadaan global dalam bidang komputasi, percetakan, dan gambaran digital, dan juga menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.

Produk/teknologi HP lainnya termasuk: Printer inkjet dan printer LaserJet (barang habis-pakai dan produk terkait lainnya); Sistem operasi HP-UX dan Tru64 (dua implementasi UNIX, yang kedua dari DEC); Sistem operasi server skala-besar dan kesediaan-tinggi OpenVMS (dari DEC); Sistem operasi dan arsitektur tepercaya NonStop (dari Tandem Computers); arsitektur prosesor PA-RISC; arsitektur prosesor IA64 (dengan Intel); arsitektur prosesor Alpha (dari DEC); garis server dan workstation HP 9000; garis ProLiant x86 based servers (dari Compaq); UDC (Utility Data Center); OpenView family of management software; Storage product line (which includes business class and enterprise class data storage and protection products); ProCurve family of network switches, wireless access points, and routers; Indigo Digital Press.

Bill_Hewlett

William Redington Hewlett atau Bill Hewlett lahir pada 20 Mei 1913 dan meninggal pada 12 Januari 2001. Ia tidak lagi menjabat presiden direktur sejak tahun 1977, dan pensiun dari jabatan CEO tahun berikutnya. Hewlett masih menjabat ketua dewan eksekutif HP hingga diangkat menjadi wakil ketua dewan pada tahun 1983. Jabatan direktur emeritus terus dijabatnya dari 1987 hingga tutup usia.

Ia dilahirkan di Ann Arbor, Michigan, 20 Mei 1913 dari ayah seorang dokter. Ketika ia berusia 3 tahun, keluarganya pindah ke California ketika ayahnya, Albion Walter Hewlett, diterima bekerja di Sekolah Kedokteran Universitas Stanford. Ayahnya meninggal ketika Bill berusia 12 tahun. Setelah menamatkan Sekolah Menengah Atas Lowell di San Francisco, ia kuliah di Universitas Standford pada tahun 1930 hingga tamat dengan gelar Bachelor of Arts (1934). Ia melanjutkan ke Institut Teknologi Massachusetts hingga tamat dengan gelar magister EECS (teknik listrik dan ilmu komputer) pada tahun 1936, dan kembali ke Universitas Stanford pada 1936 hingga mendapat gelar magister teknik listrik pada tahun 1939. Ketika mahasiswa, ia adalah anggota fraternitas Kappa Sigma.

Hewlett bertemu Packard sewaktu masih kuliah tingkat sarjana di Stanford. Pada bulan Agustus 1937, mereka berdua berniat mendirikan usaha bersama. Perusahaan tersebut diberi nama Hewlett-Packard Company dan didirikan pada 1 Januari 1939. Produk pertama mereka adalah osilator audio resistansi-kapasitansi yang didesain Hewlett di program pascasarjana. Pabrik pertama mereka adalah sebuah garasi kecil di Palo Alto yang didirikan dengan modal awal AS$538.

Hewlett aktif di HP hingga tahun 1987, dan sempat bertugas sebagai tentara Angkatan Darat AS selama Perang Dunia II, termasuk sebagai kepala bagian elektronik untuk Divisi Pengembangan, Staf Khusus Departemen Perang. Seusai perang, ia menjadi anggota peninjau industri di Jepang. Setelah berada kembali di Palo Alto, Hewlett diangkat sebagai wakil presiden direktur HP pada tahun 1947, dipilih sebagai wakil presiden direktur eksekutif (1957), presiden direktur (1964), hingga menduduki jabatan CEO (1969).

Pada tahun 1939, Hewlett menikah dengan Flora Lamson. Keduanya mendapat lima orang anak, Eleanor, Walter, James, William, dan Mary. Pada tahun 1966, Hewlett dan Flora mendirikan yayasan bernama William and Flora Hewlett Foundation. Setelah Flora Hewlett meninggal tahun 1977, Hewlett menikahi istri kedua, Rosemary Bradford pada tahun 1978. Bill Hewllet, 87 tahun, meninggal dunia pada 12 Januari 2001.

David_Packard

David Packard, lahir 7 September 1912 dan meninggal 26 Maret 1996. Ia lahir di Pueblo, Coloradi, menerima gelar sarjana muda dari Unversitas Stanford pada tahun 1934. Setelah itu ia bekerja di General Electric di Schenectady, New York.

Pada tahun 1934, ia kembali dari New York ke Stanford, tempat ia memperoleh gelar master dalam bidang teknik elektro pada tahun berikutnya. Pada tahun yang sama ia menikahi Lucile Salter, yang kemudian memberinya 4 otang anak, David, Nancy, Susan, dan Julie. Lucile Salter meninggal dunia pada 1987.

Packard menjabat sebagai Presiden Hewlett-Packard dari tahun 1947 hingga 1964, CEO dan Ketua Dewan Direksi dari 1964 sampai 1968, dan Ketua Dewan Direksi dari 1972 hingga 1993. Pada saat ia meninggal pada tahun 1996, kepemilikan Packard di perusahaan tersebut mencapai lebih dari 1 miliar dolar AS.

Sewaktu mulai menjabat pada tahun 1969, Presiden Richard Nixon menunjuk Packard sebagai Deputi Menteri Pertahanan AS di bawah Menteri Pertahanan Melvin Laird. Packard menjabat hingga tahun 1971, ketika kemudian ia mengundurkan diri dan pada tahun berikutnya kembali menjabat sebagai ketua dewan direksi HP. Pada tahun ’70-an dan ’80-an, Packard adalah penasihat utama Gedung Putih dalam pengadaan dan pengelolaan pertahanan.

Dari awal ’80-an hingga meninggalnya pada tahun 1996, Packard mendedikasikan sebagian besar waktu dan uangnya pada proyek-proyek filantropi. Dimulai dari anak mereka Nancy dan Julie, pada tahun 1978 David dan Lucile Packard menciptakan Yayasan Monterey Bay Aquarium. Pasangan itu menyumbangkan 55 juta Dollar AS untuk membangun akuarium yang baru, yang dibuka pada 1984 dengan eksekutif direkturnya Julie Packard. Pada tahun 1987, Packard menyumbangkan 13 juta dollar untuk mendirikan institut penelitian Monterrey Bay Aquarium, dan Sejas saat itu Yayasan Packard menyediakan 90% anggaran operacional institut tersebut. Atas kedermawanannya, ia dianugerahi penghargaan United States Military Academy’s Sylvanus Thayer Award pada tahun 1982 Pada tahun 1964, pasangan tersebut mendirikan Yayasan David dan Lucile Packard. Pada tahun 1986 mereka menyumbangkan 40 juta Dollar AS untuk membangun rumah sakit anak yang kemudian dikenal sebagai Lucile Salter Packard Children’s Hospital di Universitas Stanford. RS itu dibuka pada 1991.

Pada saat meninggal, ia memberikan kira-kira 4 miliar dollar AS pada Yayasan Packard termasuk di dalamnya properti berharga di Los Altos Hill. Ketiga putri Packard duduk dalam dewan wali amanah yayasan tersebut.
(Wikipedia.org)